Gerakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia

Gerakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia adalah sebuah gerakan yang ingin mendirikan negara Islam diwilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setelah Wakil Presiden Moh. Hatta mengeluarkan Maklumat No. X tentang pendirian Partai Politik pada 3 Nopember 1945, maka banyak berdiri partai-partai politik di Indonesia. Keadaan ini menandakan keseriusan bangsa Indonesia untuk membentuk sebuah negara Demokrasi. Partai-partai yang berdiri saat itu tentunya memiliki latar belakang Ideologi tersendiri. Ideologi-ideologi yang berkembang saat itu dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu Ideologi Nasionalis, Ideologi Sosialis, dan Ideologi Agama. Keberagaman Ideologi partai politik ini akhirnya menimbulkan polemik didalam kehidupan politik Indonesi serta mengakibatkan silih bergantinya kabinet.


Selain karena keberagaman partai politik yang saling bertentangan Indonesia juga dihadapkan dengan Keinginan Belanda untuk menguasai kembali wilayah Indonesia. Untuk menyelesaikan masalah ini setiap partai politik juga memiliki pandangan yang berbeda-beda kemudian hal ini juga menjadi salah satu penyebab sering bergantinya Kabinet didalam pemerintahan. Apabila sebuah partai politik mampu bersaing dengan partai politik lain serta mendapatkan kursi dalam pemerintahan maka partai politik itu disebut partai pemerintahan. Namun partai politik yang kalah dalam persaingan kemudian mendirikan partai Oposisi untuk menjatuhkan posisi partai pemerintahan. Permasalahan-permasalahan ini kemudian memunculkan pemberontakan-pemberontakan yang dilakukan oleh orang-orang Indonesia sendiri.

Salah satu ideologi partai politik yang sangat besar pengaruhnya dikalangan bangsa Indonesia yaitu partai politik Ideologi Agama. Partai politk yang berideologi Agama merupakan sebuah pemahaman partai politik yang menjalankan kegiatan politiknya berdasarkan kaidah-kaidah atau aturan-aturan yang berlaku dalam sebuah agama. Ideologi agama sangat subur dan berkembang diwilayah Indonesia kemudian menimbulkan keinginan untuk mendirikan sebuah negara baru yang berasaskan Agama yang biasa disebut dengan Negara Islam Indonesia. Keinginan untuk mendirian Negara Islam Indonesia akhirnya menimbulkan pemberontakan-pemberontakan dibeberapa daerah di Indonesia diantaranya:
  1. Gerakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia DI/TII di Jawa Barat
  2. Gerakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia DI/TII di Sulawesi Selatan 
  3. Gerakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia DI/TII di Aceh
  4. Gerakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia DI/TII di Kalimantan Selatan

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon