Pemberontakan DI TII Jawa Barat

Salah satu tokoh yang sangat kental dengan Ideologi agamanya yaitu Sekarmadji Maridjan (SM) Kartosuwirjo, karena paham ideologi agama ini kemudian menimbulkan hasrat Sekarmadji Maridjan (SM) Kartosuwirjo untuk mendirikan Negara Islam Indonesia. Kartosuwirjo merupakan seorang tokoh pemimpin pasukan Hisbullah dan Sabillah. Ketika disetujuinya isi perjanjian Renville mengakibatkan TNI harus meninggalkan Jawa Barat kembali ke Jawa Tengah, namun hal ini tidak berlaku terhadap pasukan Kartosuwirjo. Untuk mewujudkan hasratnya Kartosuwirjo membentuk gerakan Darul Islam (DI) serta membentuk pasukan yang disebut Tentara Islam Indonesia (TII). Setelah membentuk organisasi serta tentara akhirnya Kartosuwirjo memproklamasikan berdirinya Negara Islam Indonesia pada 7 Agustus 1949. Setelah mendirikan Negara Islam Indonesia Kartosuwirjo akhirnya ditunjuk sebagai kepala negaranya.

Kartosuwirjo tokoh pendiri DI/TII
Arus balik pasukan TNI dari divisi Siliwangi yang melewati daerah kekuasaan Kartosuwirjo dianggap mengancam kelangsungan Negara Islam Indonesia. Pasukan DI/TII dipimpin Kartosuwirjo kemudian menyerang pasukan TNI sehingga terjadi peperangan antara pasukan TNI melawan pasukan DI/TII. Serangan pasukan DI/TII terhadap pasukan TNI dianggap sebagai pemberontakan terhadap negara Republik Indonesia. Kemudian pemerintahan Indonesia melakukan serangan balasan dengan operasi pagar betis 1960 untuk membersihkan DI/TII. Dalam operasi tersebut pasukan DI/TII Jawa Barat berhasil dilumpuhkan oleh pasukan TNI dibantu oleh masyarakat. Sedangkan Kartosuwirjo berhasil disudutkan dan ditanggap selanjutnya dijatuhi hukuman mati karena dianggap sebagai seorang tokoh pemberontak.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon