Gerakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia DI/TII di Kalimantan Selatan


Gerakan DI/TII dikalimantan Selatan dipimpin oleh Ibnu Hajar. Ibnu Hajar mendirikan gerakan yang diberi nama Kesatuan Rakyat Jang Tertindas (KRJT). Demi memperkuat kedudukan KRJT Ibnu Hajar meminta bantuan kepada Kahar Muzakar dan Kartosuwirjo. Kemudian Ibnu Hajar bergabung dengan Negara Islam Indonesia sekaligus diangkat menjadi Panglima TII di wilayah Kalimantan.

Oktober 1950 Ibnu Hajar bersama pasukan TII mulai melakukan aksi pemberontakan. Pemerintah RI sempat memberikan peringatan kepada Ibnu Hajar untuk menghentikan pemberontakan secara damai. Peringatan pemerintah RI sempat diditerima oleh Ibnu Hajar dengan menyerahkan diri kepada pemerintahn RI namun kemudian melarikan diri bersama pasukannya.

Ibnu Hadjar (Hitam) menghadapi persidangan dan dijatuhi hukuman mati
Akhirnya pemerintah RI mengambil langkah tegas dengan melakukan pembersihan bersenjata terhadap pasukan TII yang dipimpin Ibnu Hajar. Melalui operasi militer ini Ibnu Hajar berhasil ditangkap bersama beberapa anggotanya. Kemudian pengadilan militer pemerintahan Indonesia menjatuhkan hukuman mati kepada Ibnu Hajar pada bulan Maret 1965.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon