Gerakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia DI/TII di Aceh


Turunnya status daerah Aceh sebagai daerah Istimewa menjadi daerah karana Negara Kesatuan Republik Indonesia keresidenan dibawah provinsi Sumatera Utara menyebabkan timbulnya Gerakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia di Aceh yang dipimpin oleh Daud Beureuh yang saat itu merasa tidak senang pangkat kekuasaannya diturunkan. 

Daud Beureuh Pemimpin DI/TII Aceh
Kekecewaan Daud Beureuh diungkapkan dengan pernyataan pada 20 September 1953 bahwa Aceh merupakan Negara Islam Indonesia dibawah pimpinan Kartosuwirjo. Kemudian Daud Beureuh melakukan propaganda negatif tentang pemerintahan RI kepada rakyat Aceh.

Kemudian pemerinatah RI melakukan tidakan militer mengatasi aksi Daud Bereuh. Untuk menghilangkan pendapat negatif rakyat Aceh tentang pemerintahan RI dilakukan Musyawarah Kerukunan Rakyat Aceh pada 17-28 Desember 1962. Terselenggaranya Musyawarah Kerukunan Rakyat Aceh ini atas usul dari Kolonel Jasin Pangdam I yang melibatkan tokoh-tokoh masyarakat lainnya. Melalui Musyawarah Kerukunan Rakyat Aceh akhirnya Gerakan DI/TII dapat dipadamkan dengan jalan damai.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon