Penyebab Umum Perang Dunia I

Perang Dunia I yang dikenal dengan PD I merupakan sebuah perang besar di kawasan eropa yang terjadi pada tahun 1914-1918. Penyebab umum terjadinya Perang Dunia I yaitu:

Pertentangan Jerman dan Perancis
Pada tahun 1870-1871 terjadi peperangan antara Jerman dan Perancis dan dimenangkan oleh Jerman. Sebagai pihak yang kalah Perancis harus membayar kerugian perang mencapai 5 Miliar Franc dan harus merelakan daerah Elzas dan Lotharingen yang kaya akan bijih besi dan batu bara. Keadaan ini memicu terjadinya kesulitan ekonomi bagi rakyat Perancis. Perancis kemudian semakin tertekan dengan pernyataan yang dikeluarkan Jerman yang akan membentuk Negara Persatuan Jerman dipimpin Kaisar Wilhem I. Untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan yang akan terjadi Perancis melakukan perbaikan dan peningkatan ekonomi kemudian meningkatkan kekuatan militer angkatan laut. Keadaan yang semakin meruncing sangat rawan terjadi perang terbuka diantara pihak Jerman dan pihak Perancis.

Perang Dunia I memiliki ciri parit pertahan
Pertentangan Ingris dan Jerman
Pertumbuhan Jerman dibidang industri menjadi ancaman tersendiri bagi Ingris. Jerman yang melakukan politk ekspansi membuat Ingris semakin terusik. Meskipun Ingris sangat kuat pada kemiliteran angkatan Laut serta ditakuti negara-negara di kawasan eropa, Ingris terus mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan yang akan terjadi. campur tangan Jerman didalam pemberontakan negara jajahan Ingris seperti Irak, bangsa Boer dan beberapa wilayah di Asia menjadikan Ingris semakin memanas. Perebutan daerah Maroko antara Ingris dan Jerman semakin meningkatkan ketegangan dikedua belah pihak yang dapat memicu terjadi perang.

Pertentangan Rusia dan Austria-Hongaria

Keinginan bangsa Serbia untuk mendirikan negara Serbia Raya didukung oleh Rusia untuk mempermudah politik air hangat mencari pelabuhan yang tidak membeku. Keinginan Serbia mendirikan negara Serbia Raya ditentang oleh Austria-Hongaria. Keadaan semakin memanas ketika Rusia memerangi Turki.

Politik Mencari Kawan (System of Alliances)
Politik mencari kawan semakin gencar dikumandangkan untuk mendapatkan dukungan dari negara lain yang memiliki kesamaan kepentingan. Politik mencari kawan kemudian mendorong terbentuknya dua kubu Aliansi yaitu:
  • Triple Alliance dibentuk oleh Otto von Bismarck tahun 1872 yang merupakan persekutuan Liga Tiga Kaisar yaitu Jerman, Austria-Hongaria dan Rusia. Anggota Triple Alliance bertambah pada tahun 1882 dengan masuknya Italia kemudian tahun 1913 Bulgaria dan Turki. Bergabungnya Bulgaria karena merasa tidak dibantu Rusia dalam perang Balkan II, sedangakan Turki merasa terancam dengan politik air hangat yang diterapkan Rusia.
  • Triple Entente merupakan sebuah aliansi yang terbentuk untuk menghadapai kekuatan blok Jerman yang dikenal dengan Triple Alliance. Ingris, Perancis dan Rusia kemudian membentuk Triple Entente.
Perlombaan Persenjataan
Perkembangan Ilmu Pengetahuan mempengaruhi teknologi persenjataan semakin maju. Pihak yang tergabung dalam Triple Alliance dan Triple Entente bersaing dalam meningkatkan persenjataan untuk menghadapi kemungkinan jika terjadi perang.

Industri Perkapalan
Timbulnya Gerakan Nasionalisme
Timbulnya semangat nasionalisme dibeberapa negara merupakan salah satu faktor penyebab umum terjadinya Perang Dunia I, diantaranya:
  • Rusia membentuk Pan Slavisme yang merupakan Persatuan Bangsa-bangsa Salvia
  • Serbia membentuk Italia Irredenta yang merupakan sebuah gerakan merebut daerah-daerah yang berbahasa Italia seperti Malta, Nice, Corsica, Savoye, dan Tirol Selatan.
  • Ingris berkeinginan menguasai dunia dengan semboyan 'Britain, Rule, the Waves'
  • Jerman membentuk Pan Germania dengan tujuan menyatukan bangsa Jerman
  • Perancis berusaha mengembalikan kejayaannya seperti masa Napoleon Bonaparte dengan La Grandeurisme
Pecahnya Perang Dunia I ditandai dengan terbunuhnya Putera Mahkota Austria Franc Ferdinand di Sarajevo merupakan penyebab KhusuS Perang Dunia I.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon