Kebudayaan Hindu Budha Mempengaruhi Bidang Kehidupan Masyarakat Indonesia

Ayo baca artikel sebelumnya >> Enam Tipe Agama Hindu

Hindu dan Budha merupakan agama yang berasal dari India yang memiliki ciri-ciri budayanya masing-masing. Pada abad ke-4 di Indonesia berdiri kerajaan Hindu pertama yaitu kerajaan Kutai, lalu pada abad ke-6 muncul Holing/Kalingga yang bercorak Budha.

Banyak pendapat yang disampaikan oleh para ahli mengenai proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu Budha di Indonesia diantaranya:

  1. J.C. Van Leur. J.C. Van Leur berpendapat agama Hindu dibawa masuk oleh orang India dari kasta brahmana sebagai pemimpin agama. Teori ini dikenal dengan teori brahmana
  2. C. C. Berg. C. C. Berg mengatakan bahwa orang India dari kasta ksatria memiliki peran dalam menyebarkan agama Hindu. Teori ini dikenal dengan teori ksatria
  3. N.J. Krom. N. N.J. Krom berpendapat kasta waisa yang terdiri dari pedagang dari India memiliki peran dalam proses menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu. Teori ini dikenal dengan teori waisya
  4. F. D. K. Bosch, F. D. K. Bosch mengatakan bahwa proses masuknya kebudayaan Hindu dan Budha dilakukan oleh penduduk pribumi nusantara (Indonesia) setelah mendalami ajaran agama tersebut. Teori ini dikenal dengan teori arus balik.

setelah mengalami perkembangan yang pesat hingga munculnya kerajaan-kerajaan Hindu dan Budha agama dan kebudayaan Hindu Budha mempengaruhi bidang kehidupan masyarakat Indonesai. Meliputi bidang pemerintahan/politik, dan sosial budaya.

Dewa tertinggi agama Hindu

Kebudayaan Hindu Budha yang mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia pada bidang pemerintahan/politik yaitu pemerintahan kerajaan dipimpin oleh seorang raja.

Kebudayaan Hindu Budha yang mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia pada bidang sosial budaya yaitu:

  1. Munculnya pelapisan sosial kasta terdiri dari brahmana, ksatria, waisya, dan sudra.
  2. Bahasa sangsekerta dan huruf palawa
  3. Agama Hindu dan Budha
  4. Penanggalan berdasarkan peredaran bulan disebut penanggalan saka
  5. Seni bangunan candi 
  6. Sastra 
Ayo Baca Artikel Selanjutnya Tentang >> Enam Aliran Filsafat agama Hindu