4 Pembabakan Zaman Prasejarah Berdasarkan Ilmu Geologi

Menelusuri Jejak Zaman Prasejarah: Dari Era Arkaikum hingga Keberadaan Manusia pada Zaman Neozoikum

Zaman Prasejarah merupakan suatu periode bumi dimulai sebelum manusia ada di bumi. Masa ini berakhir setelah adanya kehidupan manusia di bumi. Kemudian muncul zaman terbaru yaitu zaman praaksara. Zaman Praaksara sendiri merupakan suatu kondisi peradaban manusia yang belum mengenal tulisan. Sacara harfiah praaksara berasal dari kata "pra:sebelum" dan "aksara:tulisan. Zaman praasara juga dikenal dengan istilah nileka,nir artinya tidak leka artianya tulisan.


Berdasarkan Ilmu Yang Mempelajari Struktur Dan Lapisan Bumi (Geologi) Zaman Prasejarah Dimulai Sejak Bumi Belum Memiliki Tanda-Tanda Kehidupan Di Zaman Arkaikum Hingga Ditemukan Tanda-Tanda Keberadaan Manusia Pada Zaman Neozoikum. Maka Berdasarkan Ilmu Geologi Zaman Prasejarah Dibagi Menjadi 4 Zaman, Yaitu:

Zaman Arkaikum Rentang Waktu Awal di Bumi dengan Suhu Tinggi dan Tanpa Kehidupan

Arkaekum Merupakan Sebuah Zaman Dimana Keadaan Lapisan Kulit Bumi Memiliki Suhu Yang Sangat Tinggi Sehingga Keadaan Ini Tidak Memungkinkan Adanya Kehidupan. Zaman Arkaekum Biasa Disebut Dengan Zaman Tertua Yang Berlangsung Sekitar 2.500 Juta Tahun SM. 
Perkiraan kondisi bumi
zaman arkaikum

Zaman Paleozoikum Era Kehidupan Pertama di Permukaan Bumi

Setelah Berakhirnya Zaman Arkaekum Maka Berlangsung Zaman Paleozoikum. Pada Zaman Paleozoikum Mulai Ditemukan Tanda-Tanda Kehidupan Di Permukaan Bumi Sehingga Disebut Dengan Zaman Hidup Tua (Zaman Primer). Mahluk Hidup Yang Muncul Pada Zaman Paleozoikum Dapat Digolongkan Dalam Jenis Ampibi, Reptil, Ikan, Serta Microorganisme. Zaman Paleozoikum Diperkirakan Berlangsung Selama 340 Juta Tahun. 


Zaman Mesozoikum Era Mahluk Hidup Pertengahan dengan Reptil Raksasa dan Kehidupan yang Berkembang Pesat


Keberadaan Mahluk Hidup Pada Zaman Paleozoikum Berlanjut Hingga Zaman Mesozoikum Sehingga Zaman Mesozoikum Disebut Dengan Zaman Hidup Pertengahan (Zaman Sekunder). Mahluk Hidup Yang Diperkirakan Hidup Pada Zaman Mesozoikum Yaitu Sejenis Reptil Yang Memiliki Ukuran Terbesar. Zaman Mesozoikum Diperkirakan Berlangsung Selama 140 Juta Tahun. 

Zaman Neozoikum Era Kehidupan Baru dengan Munculnya Primata dan Tanda-tanda Kehidupan Manusia Purba

Pada Zaman Neozoikum Keberadaan mahluk hidup juga duitemukan sehingga juga disebut dengan Zaman Hidup Baru. Zaman Neozoikum dibedakan menjadi Zaman Tersier dan Zaman Kuartir. Pada Zaman Tersier ditemukan kehidupan Primata sedangkan pada Zaman Kuartir telah ada tanda-tanda kehidupan manusia purba.