4 Pembabakan Zaman Prasejarah Berdasarkan Ilmu Geologi

Zaman Prasejarah Merupakan Sebuah Zaman Dimana Belum Ditemukan Adanya Kemampuan Manusia Dalam Membaca Dan Menulis. Berdasarkan Ilmu Yang Mempelajari Struktur Dan Lapisan Bumi (Geologi) Zaman Prasejarah Dimulai Sejak Bumi Belum Memiliki Tanda-Tanda Kehidupan Di Zaman Arkaikum Hingga Ditemukan Tanda-Tanda Keberadaan Manusia Pada Zaman Neozoikum. Maka Berdasarkan Ilmu Geologi Zaman Prasejarah Dibagi Menjadi 4 Zaman, Yaitu:

1. Arkaekum

Arkaekum Merupakan Sebuah Zaman Dimana Keadaan Lapisan Kulit Bumi Memiliki Suhu Yang Sangat Tinggi Sehingga Keadaan Ini Tidak Memungkinkan Adanya Kehidupan. Zaman Arkaekum Biasa Disebut Dengan Zaman Tertua Yang Berlangsung Sekitar 2.500 Juta Tahun SM. 
2. Paleozoikum

Setelah Berakhirnya Zaman Arkaekum Maka Berlangsung Zaman Paleozoikum. Pada Zaman Paleozoikum Mulai Ditemukan Tanda-Tanda Kehidupan Di Permukaan Bumi Sehingga Disebut Dengan Zaman Hidup Tua (Zaman Primer). Mahluk Hidup Yang Muncul Pada Zaman Paleozoikum Dapat Digolongkan Dalam Jenis Ampibi, Reptil, Ikan, Serta Microorganisme. Zaman Paleozoikum Diperkirakan Berlangsung Selama 340 Juta Tahun. 

3. Mesozoikum

Keberadaan Mahluk Hidup Pada Zaman Paleozoikum Berlanjut Hingga Zaman Mesozoikum Sehingga Zaman Mesozoikum Disebut Dengan Zaman Hidup Pertengahan (Zaman Sekunder). Mahluk Hidup Yang Diperkirakan Hidup Pada Zaman Mesozoikum Yaitu Sejenis Reptil Yang Memiliki Ukuran Terbesar. Zaman Mesozoikum Diperkirakan Berlangsung Selama 140 Juta Tahun. 

4. Neozoikum

Pada Zaman Neozoikum Keberadaan mahluk hidup juga duitemukan sehingga juga disebut dengan Zaman Hidup Baru. Zaman Neozoikum dibedakan menjadi Zaman Tersier dan Zaman Kuartir. Pada Zaman Tersier ditemukan kehidupan Primata sedangkan pada Zaman Kuartir telah ada tanda-tanda kehidupan manusia purba Untuk selengkapnya Disini.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon