Peradaban Yunani Kuno: Negara Polis Sparta, Athena dan Thebes

Peradaban Yunani Kuno Terbentuknya Polis Athena, Sparta, dan Thebes

Peradaban Yunani kuno yang muncul pada abad ke-8 SM dan ke-7 SM. Tempat-tempat munculnya peradaban Yunani kuno yaitu Athena, Sparta, dan Thebes yang kemudian berkembang menjadi negara kota yang dikenal dengan istilah Polis.

Sparta Polis Militer Yunani Kuno yang Terkenal Disiplin dan Kehidupan Militer

Sparta adalah polis dengan sistem politik berdasarkan kekuatan militer. Sparta terletak di wilayah Peloponnesos di bagian selatan Yunani.

Letak Geologis Sparta

Sparta dipimpin oleh dua raja bersama majelis rakyat dan senat (Gerousia). Kehidupan masyarakat didasarkan pada prinsip militer yang terorganisir dan kepatuhan terhadap hukum. Sejak usia dini masyarakat Sparta diberikan pelatihan militer. Masyarakat Sparta dikenal dengan sebutan Spartan

Athena Polis Demokratis Yunani Kuno di Attica, Pusat Kebudayaan dan Intelektual

Athena adalah polis yang menerapkan sistem politik demokrasi. Hak politik hanya dimiliki oleh Pria dewasa tidak termasuk perempuan, budak, dan penduduk asing. Setiap keputusan keputusan penting diambil oleh majelis rakyat yang disebut (Ekklesia).  Badan penting juga terdapat di Athena seperti Dewan Rakyat (Boule) dan sistem pengadilan (Heliaia)

Athena terletak di daerah Attica dibagian tengah Yunani. Athena dikenal dengan pusat kebudayaan dan intelektual dalam bidang seni, filsafat, dan sastra.

Thebes Polis Oligarki di Boeotia Asal Mitos Yunani Terkenal

Thebes adalah polis yang dipimpin oleh pejabat tinggi disebut Boeotarch dengan sistem pemerintahan oligarki. Thebes erat kaitannya dengan mitos Yunani yang terkenal diantaranya cerita Cadmus, Oedipus, Dionysus, dan Heracles. 

Letak Geologis Thebes

Thebes terletak di Boeotia dibagian tengah yunani bagian utara. Akhir abad ke-6 SM Thebes dan Athena terlibat permusuhan terkait daerah Plataea.

Jadi Peraban Yunani Kuno muncul pada abad ke-8 SM dan ke-7 SM dengan sistem pemerintahan kota disebut polis terdiri dari Sparta dikenal sebagai pemerintahan militer, Athena dikenal dengan sistem demokrasi, dan Thebes yang dikenal sebagai pusat mitos Yunani.