Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari merupakan salah satu kerajaan besar yang memiliki corak Hindu dalam sistem pemerintahannya. Letak Kerajaan Singasari berada di Jawa Timur daerah Pegunungan malang dengan pelabuhan Pasuruan.

Beberapa keterangan  mengenai kerajaan Singasari bersumber dari dalam negeri dan juga dari luar negeri. Sumber sejarah yang menerangkan tentang kerajaan Singasari yang berasal dari dalam negeri diantaranya: 
  1. Kitab Pararaton tentang Raja-raja Singasari. 
  2. Kitab Negarakartagama Silsilah kerajaan Majapahit yang memiliki hubungan erat dengan Raja Singasari. 
  3. Prasasti-prasasti sesudah tahun 1248 M. 
Sumber-sumber sejarah yang berasal dari luar negeri yang menerangkan keberadaan kerajaan Singasari di Nusantara berasal dari berita Cina tentang Kaisar Kubilah Khan dari Cina yang menyerang Kerajaan Singasari. 

Letak Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari jika ditinjau dari kehidupan politik bahwa kerajaan Singasari tergolong telah memiliki sistem pemerintahan yang sudah kompleks dan teratur. Namun kehidupan politik kerajaan Singasari juga tergolong sangat suram karena terjadi perebutan kekuasaan yang tidak sehat dan dilatar belakangi oleh dendam dari masa lalu. Hal ini menjadikan Tahta kerajaan Singasari mengalami pergantian Raja. Raja-raja yang pernah bertahta di kerajaan Singasari diantaranya: 
  1. Raja Ken Arok (1222-1227 M), setelah mengalahkan Kerajaan Kediri Ia mendirikan kerajaan Singasari dan mati dibunuh oleh Anusapati anak tirinya dengan Ken Dedes. 
  2. Raja Anusapati (1277-1248 M) Dibunuh oleh anak oleh Tohjaya Putra Ken Arok dengan Ken Umang.
  3. Raja Tohjaya (1248 M) 4) Rangggawuni (Raja Wisnuwadhana) memerintah bersama Mahesa Cempaka (Narashinghamurti) pemerintahan mereka mewujudkan keamanan dan kesejahteraan 
  4. Raja Kertanegara (1268-1292 M) merupakan masa kejayaan Singasari ia bercita-cita menyatukan Nusantara dengan  cara: 1) Melakukan ekspedisi pamalayu (1275 dan 1292 M) menguasai Kerajaan Melayu dan Kerajaan Sriwijaya di Selat Malaka. 2) Menguasai Bali 1284 M. 3) Menguasai Jawa Barat 1289 M. 4) Menguasai Pahang (Malaya) dan Tanjung Pura (Kalimantan). Kertanegara kemudian dibunuh oleh Raja Jayakatwang dari Kediri dan Pasukan Cina Mongol
ekspedisi pamalayu didukung teknologi perkapalan yang baik
Kehidupan Sosial Singasari sangat diperhatikan pada masa pemerintahan Ken Arok, Rangawuni dan Kertanegara sehingga kehidupan masyarakat berjalan dengan baik. Dari sisi kehidupan Ekonomi diduga dalam sektor Agraris dan perlayaran merupakan yang paling maju di kerajaan Singasari. Kehidupan Budaya kerajaan Singasari sangat menonjol dibidang arsitektur Seperti Candi: Kidal, Jago, Singasari dan seni Rupa berupa patung Ken Dedes, Joko Dolok, Amoghapasa perwujudan raja Kertanegara
Amoghapasa

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon