2 Pembagian Zaman Neozoikum

Neozoikum merupakan sebuah zaman yang diperkirakan berlangsung selama 65-60 Juta Tahun sebelum Masehi. Keberadaan Mahluk hidup diperkirakan hidup pada Zaman ini. Zaman Neozoikum dibedakan menjadi Zaman Tersier dan Zaman Kuartir.

1. Zaman Tersier

Zaman Tersier biasa juga disebut dengan Zaman ketiga. Zaman Tersier ditandai dengan keberadaan jenis binatang mamalia seperti Primata. Keberadaan Primata diperkirakan mengalami perkembangan yang cukup baik. Zaman Kuartir diperkirakan berlangsung selama 60 Juta Tahun. 

2. Zaman Kuartir

Zaman Kuartir atau Zaman keempat merupakan babak kehidupan baru. Pada Zaman Kuartir diperkirakan telah hidup manusia di bumi.

Zaman Kuartir dibedakan lagi menjadi 2 yaitu Zaman Pleistosen (Dilluvium) dan Zaman Holosen (Allivium). Zaman Pleistosen diperkirakan berlangsung selama 600 Ribu Tahun dan Zaman Pleistosen keberadaan manusia purba. Sedangkan Zaman Holosen berlangsung selama 20 Juta Tahun SM dan ditandai dengan keberadaan Manusia Cerdas (Homo Sapiens) dan terus mengalami perkembangan hingga sekarang. 

Homo Sapiens
Keberadaan manusia pada Zaman Neozoikum kemudian melahirkan babak zaman baru berdasarkan peninggalan-peninggalan kebudayaan manusia. Peninggalan hasil kebudayaan manusia banyak ditemukan alat-alat yang terbuat dari batu sehingga zaman ini disebut dengan zaman batu dibagi menjadi tiga zaman.

3 Pembagian Zaman Batu

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon