Mengenal ASEAN dan Negara Anggotanya

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara terbentuk berdasarkan deklarasi Bangkok pada Tahun 8 Agustus 1967. Ada 5 Negara Pendiri ASEAN yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina  perwakilan. 5 wakil negara pendiri ASEAN yaitu Adam Malik wakil Indonesia, Tun Abdul Razak wakil Malaysia, Thanat Khoman wakil Thailand, Rajaratnam wakil Singapura, dan Narcisco Ramos wakil Filipina. 
Kawasan Asia Tenggara
Letak Geografis wilayah ASEAN berada diantara benua Asia dan Australia lalu dua samudra Pasifik dan Hindia. Secara astronomis wilayah ASEAN berada di 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT. Berdasarkan letak astronomis wilayah ASEAN Iklim yang terjadi adalah iklim tropis, dan hanya negara Myanmar yang memiliki iklim tropis dan subtropis.
Iklim di dunia
Secara keseluruhan bentuk geografis wilayah negara anggota ASEAN dibagi menjadi 4 bentuk yaitu compact (berbentuk lingkaran) ini cocok untuk wilayah Kambodja, Fragmented (terpisah atau kepulauan) negara yang bentuknya fragmented Indonesia, Filipina, dan Malaysia yang terbagi menjadi wilayah timur dan barat, elongated (memanjang) ini sesuai dengan wilayah Vietnam yang memanjang dari utara ke selatan, dan Protruded (beragam bentuk dan lebih kompleks seperti tangan yang memanjang negara dengan bentuk protruded yaitu negara Vietnam.

Tujuan ASEAN Berdasarkan deklarasi Bangkok 8 Agustus 1967
  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan negara - negara Asia Tenggara.
  2. Memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.
  3. Meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling membantu dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan administrasi.
  4. Saling memberikan bantuan dalam bidang fasilitas latihan dan penelitian pada bidang pendidikan, kejuruan, teknik dan administrasi.
  5. Bekerja sama lebih efektif untuk mencapai daya guna lebih besar dalam bidang pertanian, industri dan perkembangan perdagangan termasuk studi dalam hal perdagangan komoditas internasional, perbaikan pengangkutan dan fasilitas komunikasi serta meningkatkan taraf hidup rakyat.
  6. Meningkatkan studi tentang masalah-masalah di Asia Tenggara.
  7. Memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional dan regional lain yang mempunyai tujuan sama serta mencari kesempatan untuk menggerakkan kerja sama dengan mereka.

Batas wilayah kawasan ASEAN:

  1. Sebelah Utara wilayah berbatasan dengan RRC, Teluk Tonkin, dan Laut China Selatan
  2. Sebelah Barat wilayah berbatasan dengan Bangladesh, Teluk Benggala, dan Laut Andaman
  3. Sebelah Selatan wilayah berbatasan dengan Samudra Hindia dan Australia
  4. Sebelah Timur wilayah berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Papua Nugini

10 Negara Anggota ASEAN

1. Indonesia

Indonesia negara kepulauan dengan luas wilayah yang luas dibandingkan dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya. Letak astronomis Indonesia 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan) dan 95o BT (Bujur Timur) - 141o BT (Bujur Timur) sehingga Indonesia mengalami iklim tropis. Luas wilayah Indonesia secara keseluruhan mencapati 7,81 juta km² terdiri dari 3,25 Juta km luas lautan dan 2,01 km². Bentuk pemerintahan Indonesia negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) dengan sistem pemerintahan presidensial. Tempat wisata yang populer yang dikenal di dunia yaitu pulau Bali dan Candi Borobudur yang sempat menjadi salah satu bangunan yang pernah menjadi keajaiban dunia.

Bentang alam Indonesia terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, gunung berapi, lembah dan ngarai. Puncak tertinggi di wilayah Indonesia ada dipegunungan Jaya Wijaya dengan ketinggian 4.884 Mdpl yang disebut Puncak Jaya. Sungai terpanjang di Indonesia terletak di Kalimantan Barat yaitu sungai Kapuas dengan panjang mencapai 1.143 km yang dimulai dari pegunungan Muller hingga ke Selat Karimata. 

Komoditas utama Indonesia terdiri dari hasil laut, perkebunan, dan hasil Industri. Dikutir dari laman kementrian perdagangan Indonesia komoditas itu diantaranya udang, kopi, minyak kelapa sawit, karet dan hasil olahannya, tekstil, alas kaki, elektronik, komponen kendaraan bermotor, serta furniture. Mata uang Indonesia adalah rupiah (Rp).

2. Singapura

Singapura negara anggota ASEAN dengan luas wilayah lebih kecil dibanding dengan luas wilayah anggota lainnya. Letak astronomis Singapuran 1⁰11' LU – 1⁰28' LU dan 103⁰38'BT – 104⁰5' BT sehingga iklim yang terjadi di Singapura yaitu iklim tropis. Luas negara singapura 728.6 km². Bentuk pemerintahan negara Singapura yaitu Republik dengan sitem pemerintahan parlementer. Tempat wisata terkenal di Singapura yaitu Merlion Park (Mermaid and Lion) di One Fullerton, Singapura, dekat Distrik Bisnis Sentral.

Bentang alam Singapura terdiri dari dataran rendah dan beberapa perbukitan kecil. Luas wilayah yang sempit membuat barang-barang hasil pertanian tidak dapat diproduksi  sehingga Impor dilakukan untuk mencukupinya. Namun sekarang Singapura sedang mengembangkan teknologi pertanian untuk mencukupi kebutuhan hasil pertanian. Puncak tertinggi di Singapura yaitu Bukit Timah dengan ketinggian 163 meter. Sungai yang terkenal di Singapura bernama sungai Singapura (Singapore River) yang memiliki nilai historis sebagai awal peradaban Singapura membentang dari jembatan Kim Seng hingga Marina Bay sepanjang 3,2 km.

Singapura adalah negara dengan penghasilan tertinggi dibanding dengan negara anggota ASEAN lainnya. Singapura terkenal dengan dengan hasil Industri, Pariwisata, Pendidikan dan sektor jasa hingga pelabuhan Internasional. Komoditas utama Singapura adalah barang-barang hasil industri seperti sirkuit elektronik, olahan minyak, dan perangkat komputer.  Mata uang singapura adalah Dolar Singapura S$.

3. Malaysia

Malaysia dibagi menjadi dua wilayah yaitu Malaysia Barat dan Malaysia. Malaysia Barat terletak di semenanjung malaka sedangkan Malaysia Timur terletak di pulau Kalimantan. Letak Astronomis Malaysia 1°LU -7° LU dan 100° BT - 119 ° BT sehingga Malaysia beriklim tropis. Luas wilayah Malaysia 131.732 km². Bentuk pemerintahan Malaysia monarki konstitusional dengan sistem pemerintahan parlementer. Tempat wisata terkenal di negara Malaysia yaitu Menara Kembar Petronas yang terletak di kota Kuala Lumpur.

Bentang alam Malaysia terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan dan sungai terbagi menjadi 2 bagian Malaysia Timur terdiri dari Sabah dan Sarawak dan Malaysia Barat terbagi menjadi 11 negara bagian yaitu Kelantan, Terengganu, Pahang, Johor, Melaka, Negeri Sembilan, Selangor, Perak, Kedah, Pulau Pinang, dan Perlis. Puncak tertinggi di Malaysia yaitu gunung Kinabalu ketinggiannya 4.095 km. Sungai terpanjang di Malaysia yaitu Sungai Rajang sepanjang 563 km membentang dari Banjaran Iran bermuara di laut Cina Selatan.

Komoditas utama negara Malaysia dihasilkan oleh sektor pertanian yaitu karet dan kelapa sawit dan olahannya. Ada beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor Malaysia yaitu Amerika Serikat, Tiongkok, Singapura, dan Thailand. Komoditas lain yang juga menjadi andalan Malaysia yaitu peralatan elektronik, gas cair dan hasil hutan. Mata uang Malaysia adalah Ringgit (RM).

4. Brunei Darusalam

Brune Darusalam salah satu negara penghasil minyak terbesar di Asia Tenggara. Brune Darusalam salah satu negara yang menguasai pulau Kalimantan. Pulau Kalimantan 1 % dikuasai oleh Brunei Darusalam, Malaysia sebesar 26%, dan Indonesia 73%. Letak astronomis 114'04° BT - 114'23° BT dan 4'00° LU - 5'05° LU sehingga Brunei Darusalam beriklim Tropis. Luas wilayah Brunei Darusalam 5.765 km². Bentuk pemerintahan Brunei Darusalam negara kesatuan bercorak Islam dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional. Tempat wisata terkenal di Brunei Darusalam yaitu Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin yang terletak di Jalan McArthur, Bandar Seri Begawan BS8711, Brunei.

Bentang alam Brunei Darusalam terdiri dataran perbukitan dan sebagian lagi dataran rendah, pantai, rawa dan hutan bakau. Puncak tertinggi di Brunei Darusalam berada di gunung Pagon dengan ketinggian 1.850 meter dan sungai terpanjang yaitu Sungai Belait dengan panjang 206 km. 

Brunei Darusalam bergantung pada penjualan minyak bumi dan gas yang menjadi tumpuan perekonomian negara. Selain minyak bumi dan gas komoditas lain juga dihasilkan dari pertanian seperti perkebunan kelapa, dan kelapa sawit. Mata uang Brunei Darusalam yaitu Dolar Brunei B$.

5. Vietnam

Vietnam negara dengan ibukotanya Hanoi memiliki luas sebesar 331.690 km². Letak astronomis Vietnam 8,5°LU - 23,5°LU dan 102°BT - 109°BT sehingga iklim di Vietnam Tropis. Bentuk pemerintahan Vietnam yaitu republik komunis dengan sistem pemerintahan parlementer. Tempat wisata yang terkenal di Vietnam yaitu teluk Ha Long (Ha Long Bay) yang terletak di sebelah utara Vietnam dengan panjang garis pantai 120 km.

Bentang alam Vietnam terdiri dari bukit, gunung, sedikit dataran rendah, dan hutan tropis. Puncak tertinggi di Vietnam 3.173 meter yaitu gunung Phan Xi Pang. Sungai Mekong adalah sungai yang penting yang mengaliri wilayah Vietnam. Sungai Mekong mengalir dibeberapa wilayah negara seperti Myanmar, Laos, Thailand, dan Kamboja hingga bermuara di laut Cina Selatan. 

Vietnam adalah negara yang terkenal dengan ekspor hasil pertanian seperti beras dan kopi. Komoditas lain yang menjadi andalan Vietnam yaitu sepatu, pakaian, minyak mentah, elektronik, dan minyak mentah. Vietnam memiliki mata uang yang resmi Dong Vietnam. 

6. Filipina

Filipina negara kepulauan terbesar kedua negara anggota ASEAN setelah Indonesia. Letak astronomis Filipina 6°LU-19°LU dan 116°BT-126°BT dengan iklim tropis. Luas wilayah negara Filipina 300.000 km². Bentuk pemerintahan negara Filipina yaitu republik dengan sistem pemerintahan Presensial. Tempat wisata yang terkenal di Filipina teras sawah Banaue (Banaue Rice Terraces).

Bentang alam Filipina berbentuk negara kepulauan dengan 6 pulau besar yaitu Luzon, Mindanao, Mindoro, Bohol, Palawan, dan Cebu. Puncak tertinggi yaitu gunung Apo dengan ketinggian 2.954 meter. Sungai terpanjang di Filipina yaitu sungai Cagayan yang berada di pulau Luzon dengan panjang 505 km bermuara di selat Babuyan dan Laut Filipina. Komoditas ekspor Filipina berupa suku cadang mesin, Bahan-bahan kelistrikan (Semikonduktor), serat abaka, dan tembakau. Mata uang negara Filipina yaitu Peso (₱).

 7. Myanmar

Myanmar ibu kotanya Naypyidaw satu-satunya negara anggota ASEAN yang memiliki iklim subtropis. Luas wilayah negara Myanmar 676.578 km². Letak astronomis 11ºLU – 28º LU dan 92ºBT – 101ºBT. Bentuk pemerintahan negara Myanmar republik dengan sistem pemerintahan presidensial. Tempat wisata terkenal di Myanmar yaitu Kuil Ananda terletak di Bagan Myanmar.

Bentang alam Myanmar terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, sungai. Kondis tanah di Myanmar sangat subur karena terdapat sungai-sungai besar dan gunung berapi,  sektor pertanian berkembang baik  beberapa hasil pertanian yang menjadi komoditas ekspor yaitu beras, kayu jati. Puncak tertinggi di Myanmar adalah gunung Hkakabo Razi dengan ketinggian 5.881 meter sekaligus sebagai gunung tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Bidang industri pertambangan Myanmar menghasilkan minyak bumi, timbal, emas, permata, perak, dan tungsten. Mata uang Myanmar yaitu Kyat (K).

8. Laos

Laos dengan ibu kota Vientiane, wilayah laos tidak memiliki garis pantai yang terkurung oleh wilayah daratan negara Myanmar, Tiongkok, Vietnam dan Kambodja. Letak astronomis Laos 14° LU - 22° LU dan 100° BT - 107° BT dengan iklim Tropis. Luas wilayah negara Laos 236.800 km². Bentuk pemerintahan Laos yaitu republik komunis dengan sistem pemerintahan parlementer. Tempat wisata terkenal di Laos yaitu Kuang Si Waterfall di bagian selatan Luang Prabang.

Bentang alam Laos terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, Gunung, Sungai dan hutan Tropis. Puncak tertinggi gunung Bia dengan ketinggian 2.819 meter. Wilayah Laos dialiri Sungai Mekong yang 4,350 Km berperan sebagai sarana transportasi, irigasi lahan pertanian, dan sumber pembangkit listrik tenaga air. Komoditas ekspor negara Laos dihasilkan dari bidang pertanian seperti  beras, tembakau, kopi, hasil hutan, dan pertambangan menghasilkan timah. Mata uang negara Laos yaitu Kip (₭).  

9. Kambodja 

Kambodja dengan ibu kota Phnom Penh tidak memiliki garis pantai terkurung oleh daratan dengan negara Thailand, Laos dan Vietnam. Luas wilayah 181.035 km². Bentuk pemerintahan Kambodja monarki konstitusional dengan sistem pemerintah parlementer. Tempat wisata terkenal di Kambodja kompleks Istana Raja Kamboja Silver Pagoda.

Bentang alam Kambodja terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, gunung, lembah, sungai dan laut. Puncak tertinggi adalah gunung Phnom Aoral dengan ketinggian 1.813 meter. Sungai yang mengaliri wilayah Kamboja yaitu Sungai Mekong. Komoditas ekspor Kamboja dihasilkan dari sektor pertanian seperti beras, kedelai, tembakau, sektor perkebunan menghasilkan karet, dan sektor industri tekstil menghasilkan pakaian dan sepatu. Mata uang negara Kamboja yaitu Riel. 

10. Thailand

Thailand dengan ibu kotanya Bangkok terkenal dengan sebutan negara gajah putih. Thailand memiliki luas wilayah 1.569 km². Letak astronomis Thailand 5° LU - 21° LU dan juga 97° BT - 106° BT dengan iklim tropis. Bentuk pemerintahan Thailand yaitu Republik dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional.  Tempat wisata terkenal di Thailand the Grand Palace yang merupakan kompleks bangunan Raja Thailand.

Bentang alam Thailand terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan.