5 wakil negara pendiri ASEAN

5 negara pendiri ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) pertama kali yaitu negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. 

ASEAN (Association of Southeast Asian Nationsyang berarti perhimpunan bangsa-bangsa asia tenggara berangotakan 10 Negara yaitu Indonesia, Malaysia, Brunai Darusalam, Singapura, Vietnam, Laos, Myanmar, Thailand, Filipina, dan Kamboja.

ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok negara Thailand oleh beberapa delegasi diantaranya Adam Malik wakil Indonesia, Tun Abdul Razak wakil Malaysia, Thanat Khoman wakil Thailand, Rajaratnam wakil Singapura, dan Narcisco Ramos wakil Filipina. 

Logo ASEAN Association of South East Asian Nation
ASEAN adalah organisasi regional di kawasan Asia Tenggara dengan kesamaan letak wilayah, budaya, ekonomi, dan sejarah. Kawasan Asia Tenggara merupakan sebuah wilayah yang sangat strategis secara geografis berada di jalur perdagangan dunia. Maka tidak heran hampir semua negara di kawasan Asia Tenggara pernah dijajah oleh bangsa Eropa kecuali Thailand. Hal ini kemudian mendorong negara-negara di kawasan Asia Tenggara organisasi regional yang disebut ASEAN. Latar belakang berdirinya ASEAN diantaranya:
  1. Persamaan letak geografis, berada di Asia Tenggara.
  2. Persamaan budaya,  daerah penyebaran kebudayaan Melayu Austronesia.
  3. Persamaan nasib, merupakan daerah bekas jajahan, kecuali Thailand.
  4. Persamaan ekonomi, merupakan daerah agraris.
  5. Persamaan kepentingan, mengarah terwujudnya kemajuan kemakmuran dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara.
ASEAN Association of South East Asian Nation merupakan asosiasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN didirikan berdasarkan Deklarasi Bangkok yang ditandatangani oleh 5 wakil negara pendiri ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967. Salah satu wakil negara pendiri ASEAN adalah  Adam Malik dari Indonesia. 5 wakil negara pendiri ASEAN menandatangani Deklarasi Bangkok dan menyetujui terbentuknya ASEAN yaitu:

1. Adam Malik wakil negara Indonesia pendiri ASEAN
Adam Malik wakil negara Indonesia pendiri ASEAN
2. Tun Abdul Razak wakil negara Malaysia pendiri ASEAN
Tun Abdul Razak wakil negara Malaysia pendiri ASEAN
3. Thanat Khoman wakil negara Thailand pendiri ASEAN
Thanat Khoman wakil negara Thailand pendiri ASEAN
4. Rajaratnam wakil negara Singapura pendiri ASEAN
Rajaratnam wakil negara Singapura pendiri ASEAN
5. Narcisco Ramos wakil negara Filipina pendiri ASEAN
Narcisco Ramos wakil negara Filipina pendiri ASEAN
ASEAN adalah organisasi yang sangat memperhatikan keamanan kawasan bebas nuklir di Asia Tenggara dengan mendirikan ZOPFAN (Zone of Peace, freedom, and neutrality).