Proklamasi Kemerdekaan dan Terbentuknya Pemerintahan Indonesia

Masa Penjajahan di Wilayah Indonesia

Indonesia telah dijajah oleh berbagai bangsa selama lebih dari 350 tahun. Bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia antara lain Portugis, Spanyol, Belanda, dan Jepang. Penjajahan ini menyebabkan penderitaan yang mendalam bagi rakyat Indonesia.

Masa Kebangkitan Nasional Indonesia

Masa penjajahan Belanda merupakan titik balik dan timbulnya kesadaran nasional berkat diterapkannya politik etis di Indonesia salah satu isinya yaitu pendidikan. Pendidikan masa penjajahan Belanda kemudian memunculkan kaum terpelajaran yang dikalangan bangsa Indonesia sehingga bentuk perjuangan Indonesia bukan hanya secara fisik tetapi juga dengan cara negosiasi.

Bentuk Perlawanan Melawan Penjajahan

Rakyat Indonesia tidak tinggal diam menghadapi penjajahan. Mereka melakukan berbagai perlawanan, baik secara fisik maupun non-fisik. Perlawanan fisik dilakukan dengan cara mengangkat senjata melawan penjajah. Sementara itu, perlawanan non-fisik dilakukan dengan cara menyebarkan ide-ide kemerdekaan dan melakukan boikot terhadap produk-produk penjajah

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Proklamasi kemerdekaan ini disambut dengan gegap gempita oleh rakyat Indonesia.

Pembacaan Teks Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno

Pembacaan Naskah Proklamasi Kemerdekaan direncanakan dilapangan IKADA namun diketahui oleh Jepang. Kemudian pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan dilangsungkan didepan kediaman Soeakarno Jl. Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta tepat jam 10.00 WIB. 

Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Soekarno didampingi Hatta atas nama Bangsa Indonesia. Pengibar bendera ditunjuk Soehud dan Latief Hendraningrat.

Pembentukan Pemerintahan Pemerintahan Indonesia

Setelah proklamasi kemerdekaan, Indonesia segera membentuk pemerintahan. Pada tanggal 18 Agustus 1945, dibentuklah Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) sebagai badan legislatif. Pada tanggal 19 Agustus 1945, dibentuklah 12 kementerian sebagai badan eksekutif.

Kesimpulan

Proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 adalah peristiwa penting dalam sejarah Indonesia. Peristiwa ini menjadi tonggak awal berdirinya pemerintahan Indonesia yang berdaulat dan merdeka. Sudah waktunya bagi generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan capaian terbaik dalam setiap aspek kehidupan masyarakat.