Sejarah Uang

Sejarah Uang, uang adalah alat tukar dalam kegiatan jual beli. dalam perkembangannya ada beberapa benda pernah diperlakukan layaknya uang yaitu kerang, garam, perak, emas.

Siapa sih yang tidak tahu apa Itu Uang???

Dolar Amerika Serikat
Ya Uang merupakan alat pembayaran yang sah yang diresmikan melalui Undang-Undang oleh suatu negara.

Jika di Indonesia uang pertama kalinya diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia namun kemudian penerbitan Uang kemudian ditetapkan berdasarkan Undang-undang No. 13 Tahun 1968 pasal 26 ayat 1 yang menyebutkan bahwa Uang hanya diterbitkan oleh Bank Sentral dan di Indonesia sendiri nama Bank Sentral yaitu Bank Indonesia.

Lalu kapan penggunaan Uang . . .

Sebelumnya manusia tidak mengenal istilah Uang manusia hanya mengenal sistim menukar Barter barang yang dapat diproduksinya dengan barang kebutuhan lainnya.

Kerang Ini Pernah Digunakan sebagai alat tukar/Uang
Penggunaan Uang untuk pertama kalinya Berlaku pada zaman Romawi uang tersebut berbentuk kebutuhan Primer yaitu Garam. Dalam bahasa Romawi Garam adalah Salarium. Garam digunakan sebagai alat tukar maupun alat pembayaran upah.
Garam Pernah Dijadikan Uang pada Zaman Romawi
Istilah Salarium kemudian mempengaruhi Ingris yang menyebut Upah dengan sebutan Salary.

Kesulitan-kesulitan dalam menentukan nilai tukar sebuah benda kemudian mendorong manusia untuk mengembangkan alat tukar.

Sebelum manusia menemukan uang logam manusia menggunakan cangkang kerang sebagai alat tukar.

Perkembangan selanjutnya manusia membuat alat tukar yaitu uang logam. Logam dianggap memiliki nilai yang tinggi, tahan lama, tidak mudah rusak serta dapat dipecah tanpa mengurangi nilainya. Untuk memenuhi standar yang baik maka digunakan logam mulia yaitu Perak dan Emas.

Beberapa Koin Emas dan Perak
Uang logam Perak dan Emas kemudian disebut uang penuh Full Bodied Money karena nilai bahannya (Instrinsik) sesuai dengan nilai nominalnya.

Uang Logam Emas
Sejak diberlakukanya Uang logam Perak dan Emas membuat manusia berkesempatan untuk menempa dan melebur logam. Hal ini kemudian menjadi sebuah masalah karena semakin banyak diperlukan uang logam sedangkan bahan bakunya sangat terbatas. Selain terbatasnya bahan baku, uang logam juga sulit digunakan untuk transaksi yang besar. Untuk memudahkan dalam transaksi besar kemudian digunakan kertas sebagai bukti kepemilikan dari uang logam baik Perak maupun Emas jaminan Uang Logam Perak maupun Emas.

Uang Logam Perak
Selanjutnya yang digunakan manusia untuk melakukan transaksi bukan lagi uang logam dari Perak maupun Emas tetapi menggunakan Kertas jaminan kepemilikan atas uang Logam Emas maupun Perak.

Kertas jaminan kepemilikan uang Logam Emas maupun Perak ini kemudian berkembang sebagai alat disebut uang kertas yang dijamin dengan Emas atau Perak.

Demikian sejarah singkat uang didalam kebudayaan manusia.








Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon