5 Front Perang Dunia I

Setelah terbunuhnya putra mahkota Austria Frans Ferdinand oleh Gavrilo Princip anggota gerakan serbia raya mengawali terjadinya perang dunia I. Jerman kemudian menyatakan perang dengan Rusia pada 1 Agustus 1914. Pada tanggal 3 Agustus Perancis melancarkan serangan kepada Jerman diikuti Ingris pada 14 Agustus 1914. Terdapat 5 Front Perang Dunia I yaitu:

Suasana Terbunuhnya Putera Mahkota Austria Frans Ferdinand

1. Front Barat

Front Barat merupakan kancah pertempuran Jerman yang dipimpin oleh Helmuth von Moltke menghadapi Belgia dan Perancis. Perang dikuasai dan dikendalikan oleh Jerman yang akhirnya mampu menguasai Belgia dan Perancis. Namun Jerman kalah melawan Perancis di sekitar Sungai Marne. Jerman kemudian mengumumkan perang parit terhadap Perancis namun tetap menelan kekalahan di Verdum.

Serangan Perancis terhadap Jerman
 2. Front Timur

Front Timur terjadi perang antara Rusia melawan Austria-Hongaria. Bergabungnya Jerman dalam kancah perang Front Timur menyudutkan Rusia disekitar Danau Mesuri. Pertempuran berlanjut hingga ke Taunemburg yang sangat menguntungkan Jerman sehingga mampu menduduki Polandia.

3. Front Selatan

Front Selatan merupakan kancah perang yang melibatkan Italia menghadapi Austria-Hongaria, dan Jerman. Perang di Front Selatan dimenangkan oleh pihak Jerman dan Austria-Hongaria.

4. Front Balkan

Front Balkan merupakan arena pertempuran Ingris, Yunani, Austria-Hongaria, Turki, Bulgaria, Syria, mesir dan Jerman. Ingris kemudian menyerang Turki dari daerah Arabia, Palestina, dan Irak. Pendaratan Ingris dan Perancis diikuti serangan terhadap daerah Dardanella dilanjutkan di daerah Gallipolli, namun di Gallipolli Ingris dikalahkan oleh Turki sehingga Ingris harus mundur ke daerah Yunani. Turki dipimpin oleh Musthafa Kemal Pasha dan Jerman dipimpin Hans von Seekt mampu menahan gempuran Ingris dan Perancis di daerah Balkan

5. Front Laut

Front laut merupakan medan perang bagi Ingris melawan Jerman. Perang di Front laut merupakan perang kapal selam tak terbatas yang diserukan Jerman kepada Ingris. Perang kapal selam terjadi di dareah Jutland.

Kapal Perang Hochseeflotte

Bergabungnya Italia pada Tahun 1915 diikuti Amerika Serikat 1917 menambah kekuatan blok sekutu. Blok sekutu kemudian menerapkan strategi blokade ekonomi terhadap blok sentral. Blokade ekonomi mengakibatkan kelaparan dipihak blok sentral sehingga mengalami kekalahan diberbagai pertempuran. Bulgari kemudian mengaku kalah kepada blok Sekutu diikuti oleh Turki. Jerman yang juga semakin terdesak selain menghadapi blok sekutu Jerman juga harus menghadapi pemberontakan dari kaum komunis. Melihat kondisi yang semakin menyulitkan Jerman membuat Wilhelm II melarikan diri ke negeri Belanda akhirnya Jerman melemah dan mengaku kalah kepada blok sekutu.

Perang Dunia I diakhiri dengan 5 Perjanjian mengakhiri Perang Dunia I untuk lebih lengkapnya Disini

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon