5 Front Perang Dunia I

Terbunuhnya putra mahkota sekaligus pewaris tahta Austria-Hungaria Frans Ferdinand dan istrinya yang bernama Sophie, Adipati Hohenberg pada tanggal 28 Juni 1914 di Sarajevo. Mereka tertembak dan meninggal dunia oleh seorang separatis bernama Gavrilo Princip. Pembunuhan ini didasari semangat untuk membebaskan Bosnia dari kekuasaan Austria-Hungaria dan membentuk Serbia Raya atau Yugoslavia.

Gavrilo Princip  sendiri merupakan seorang separatis yang berasal dari negara Serbia Raya tergabung dalam organisasi separatis Serbia-Bosnia yang dikoordinasi oleh Danilo Ilic. Gavrilo Princip juga sebagai anggota perkumpulan rahasia bernama bernama Black Hand.

Pembunuhan Frans Ferdinand dan istrinya Sophie Adipati Hohenberg oleh Gavrilo Princip menjadi penyebab utama terjadinya perang dunia I. 
Suasana Terbunuhnya Putera Mahkota
Austria Frans Ferdinand
Austria-Hungaria kemudian mengultimatum Serbia untuk menyelesaikan permasalahan secara politik namun tidak direspon baik oleh pihak Serbia. Akibatnya Austria-Hungaria mendeklarasikan perang terhadap Serbia pada tanggal 28 Juli 1941.

Agustus 1914 Jerman menyatakan perang dengan Rusia. Pada tanggal 3 Agustus Perancis melancarkan serangan kepada Jerman diikuti Ingris pada 14 Agustus 1914. Selama perang dunia I terjadi ada 5 Front Perang Dunia I yaitu Front Barat, Front Timur, Front Selatan, Front Balkan dan Front Laut.

Front Barat

Front Barat atau teater barat merupakan kancah pertempuran utama dalam perang dunia I. Jerman yang dipimpin oleh Helmuth von Moltke diawai dengan menginvansi Luksemburg dan Belgia dan kemudian Perancis. Perang dikuasai dan dikendalikan oleh Jerman yang akhirnya mampu mengalahkan dan menguasai Belgia. 

Usaha Jerman untuk mengalahkan Perancis di sekitar Sungai Marne mengalami kegagalan. Jerman kemudian mengumumkan perang parit terhadap Perancis, dalam pertempuran parit terjadi di Verdum. Namun lagi-lagi Jerman tidak mampu mengalahkan Perancis. 

Jerman akhirnya menyerah kepada sekutu dengan menandatangani perjanjian Versailes  pada tanggal 28 Juni 1919 di Aula Cermin di Istana Versailles. Perjanjian Versailes berlaku pada tanggal 10 Januari 1920. Isi Perjanjian Versailes sangat merugikan Jerman diantaranya:
  1. Jerman harus menarik mundur pasukannya dari Prancis, Belgia, Luksemburg, dan Prusia Timur, 
  2. Jerman menyerahkan wilayah Rhineland, Sudetenland, sebagian Prusia Timur, serta menyerahkan koloninya di Afrika dan pasifik, 
  3. Menyerahkan kembali Provinsi Alsace dan Loraine, 
  4. Menyerahkan 5.000 artileri, 25.000 senapan mesin, 5.000 lokomotif, 5.000 truck, 15.000 gerbong, 1.700 pesawat tempur (bomber)
  5. Menyerahkan semua kapal selam dan semua kapal perang Jerman dan harus dikirim ke Scapia Flow yang akan dibagikan kepada anggota Sekutu, 
  6. Jerman membayar ganti rugi sebesar 5 miliar dolar AS berbentuk emas atau barang lain yang bernilai sama pada bulan Mei 1921, 
  7. Jerman tidak diperbolehkan memiliki tank, pesawat tempur bomber, dan kapal perang, 
  8. Kegiatan Industri perang Jerman akan diawasi secara ketat, dan jumlah pasukan dibatasi hanya 100.000 tentara.
Serangan Perancis terhadap Jerman
Front Timur

Front Timur adalah kancah perang antara Rusia dan Rumania menghadapi Austria-Hungaria, Bulgaria, Kekaisaran Utsmaniyah dan Jerman yang membentang dari laut Baltik hingga bagian Utara hingga Laut Hitam bagian. 

Jerman ikut bergabung dalam perang di Front Timur membantu Austria-Hungaria menghadapi Rusia. Bergabungnya Jerman mampu menyudutkan Rusia disekitar Danau Mesuri. Pertempuran berlanjut hingga ke Taunemburg yang sangat menguntungkan Jerman sehingga mampu menduduki Polandia.

Front Selatan atau Front Italia

Front Selatan merupakan kancah perang yang melibatkan Italia menghadapi Austria-Hongaria, dan Jerman di pegunungan Trentino Italia bagian Utara. Perang di Front Selatan dimenangkan oleh pihak Jerman dan Austria-Hongaria.

Front Balkan

Front Balkan merupakan arena pertempuran Ingris, Yunani, Austria-Hongaria, Turki, Bulgaria, Syria, mesir dan Jerman. Ingris kemudian menyerang Turki dari daerah Arabia, Palestina, dan Irak. Pendaratan Ingris dan Perancis diikuti serangan terhadap daerah Dardanella dilanjutkan di daerah Gallipolli, namun di Gallipolli Ingris dikalahkan oleh Turki sehingga Ingris harus mundur ke daerah Yunani. Turki dipimpin oleh Musthafa Kemal Pasha dan Jerman dipimpin Hans von Seekt mampu menahan gempuran Ingris dan Perancis di daerah Balkan

Front Laut

Front laut merupakan medan perang bagi Ingris melawan Jerman. Perang di Front laut merupakan perang kapal selam tak terbatas yang diserukan Jerman kepada Ingris. Perang kapal selam terjadi di dareah Jutland.

Kapal Perang Hochseeflotte

Bergabungnya Italia pada Tahun 1915 diikuti Amerika Serikat 1917 menambah kekuatan blok sekutu. Blok sekutu kemudian menerapkan strategi blokade ekonomi terhadap blok sentral. Blokade ekonomi mengakibatkan kelaparan dipihak blok sentral sehingga mengalami kekalahan diberbagai pertempuran. Bulgari kemudian mengaku kalah kepada blok Sekutu diikuti oleh Turki. 

Jerman yang semakin terdesak menghadapi blok sekutu sekaligus harus menghadapi pemberontakan dari kaum komunis. Kaisar Jerman Wilhelm II  kehilangan dukungan dari pihak militer akhirnya harus turun tahta dan melarikan diri ke negeri Belanda. Pada akhirnya kekuatan Jerman semakin melemah dan mengaku kalah kepada blok sekutu.

Artikel selanjutnya >> 2 Blok Dalam Perang Dunia 1