Sejarah Internet

Internet saat ini menjadi salah satu kebutuhan didalam kehidupan manusia. Banyak sekali kegunaan dan manfaat dari Internet. Internet dapat dijadikan sarana bisnis, berbagi Informasi, kegiatan sosial dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Apakah kalian tau apa yang dimaksud dengan Internet?

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Networking yang berarti jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung. Dari pengertian Internet tersebut kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa internet hanya akan terbentuk jika terdapat beberapa perangkat atau komputer yang saling terhubung. Gabungan Perangkat atau Komputer ini kemudian membentuk jaringan informasi global dalam sebuah ruangan maya yang disebut Cyberspace.

Lalu bagaimana sejarah terbentuknya internet?

Terbentuknya jaringan internet bermula pada tahun 1969 dipelopori oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) yang sedang mengembangkan riset untuk menghubungkan beberapa komputer. Program Riset yang dilakukan DARPA disebut ARPANET. Tahun 1970 akhirnya riset ini berhasil menghubungkan 10 komputer dan dapat saling berkomunikasi melalui sebuah jaringan. Perkembangan selanjutnya ARPANET mampu menghubungkan 3 situs yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, dan University of Ultah.

Tahun 1972 Roy Tomlinson yang berhasil menyempurnakan program E-mail yang diciptakannya ARPANET. Program E-mail ini menjadi populer karena mudah digunakan. Sampai saat ini E-mail masih digunakan dan dikenal dengan lambang Icon @ menunjukan “at” yang berarti “pada”. Lambang icon @ untuk E-mail ini diperkenalkan pada tahun 1972 oleh Roy Tomlinson.

Tahun 1973 jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan jaringan pertama ARPANET diluar Amerika Serikat. Kemunculan Vinton Cerf dan Bob Khan banyak sekali mempengaruhi dunia Internet, ide mereka kemudian di presentasikan di Universitas Sussex.

Keberhasilan Ratu Ingris mengirim sebuah E-mail 26 Maret 1976 melalui Royal Signals and Radar Establishment di Malvern merupakan sebuah terobosan baru di dunia Internet. 1977 semakin banyak komputer yang tergabung ARPANET sehingga terbentuk sebuah jaringan. Tahun 1979 Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin berhasil menciptakan newsgroups kemudian diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom berhasil mengembangkan Telepon dan Televisi sehingga berhasil menciptakan video call pertama.

Tahun 1982 mulai dikembangkan sistem Protokol sebagai sebuah pengenal untuk dapat memasuki sebuah jaringan. Sistim protokol yang berhasil terbentuk yaitu Transmission Control Protocol TCP dan Internet Protocol IP.

Semakin banyaknya komputer yang saling terhubung membutuhkan sebuah jaringan. Kemudian dikembang jaringan NSFnet dan MILnet. NTFnet adalah sebuah jaringan komputer internet dioperasikan oleh lembaga National Science Foundation untuk menghubungkan Universitas-universitas dan Lembaga-lembaga Penelitian. Sedangkan MILnet merupakan sebuah jaringan yang dibangun hanya untuk kepentingan militer.


Perkembangan Internet juga terjadi di Eropa. Perkembangan Internet di Eropa ditandai dengan terbentuknya jaringan yang bernama Eunet. Eunet sendiri menyediakan jasa e-mail dan Newsgroup USENET di Negara Belanda, Ingris, Denmark, dan Swedia. Tahun 1984 mulai berkembang sistem Domain dikenal dengan DNS Domain Name Syistem.

Internet Relay Chat pada tahun 1988 ditemukan oleh Jarko Oikarinen yang berasal dari Finlandia. Setahun kemudian Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang kita kenal dengan WWW (world wide web). Pada tahun 1994 situs web semain bertambah dan dikenal Yahoo dan kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Selama ditemukannya internet perkembangan-perkembangannya semakin pesat. Perkembangan dunia internet ini juga sejalan dengan jumlah pertumbuhan Internet yang melonjak setiap tahunnya. Jadi mari kita tunggu perkembangan apa lagi yang akan terjadi di dunia Internet kedepannya.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon