5 Pelopor Penemuan Pesawat Terbang

5 Pelopor Penemuan Pesawat Terbang

Keberhasilan dunia penerbangan tentunya banyak faktor yang melatar belakangi keberhasilan tersebut. Salah satu faktor penting penemuan pesawat yaitu penggagasan teori dan perancang-perancang teknik. Berikuti ini ada 5 pelopor penemuan pesawat terbang, diantaranya:

1. Leornardo Da Vinci

Leonardo da Vinci merupakan seorang pemikir untuk mendapatkan cara agar manusia dapat terbang layaknya seekor burung. Leonardo da Vinci memulai mengembangkan idenya dimulai pada tahun 1480. Kemudian Leonardo da Vinci menggambar 100 gambar teknik yang berhubungan dengan cara bagaimana manusia terbang. Hasil pemikirannya kemudian menyimpulkan bahwa hal yang dibutuhkan untuk bisa terbang diperlukan Sayap dan Ekor layaknya seekor burung. Ide dari Leonardo Da Vinci kemudian menamakan pesawatnya untuk mengangkut manusia disebut Ornithoper. Teori Leonardo da Vinci kemudian didalami mulai abad ke-19 kemudian menjadi dasar diciptakannya Helikopter. 
Ornithoper rancangan Leonardo da Vinci

2. Joseph dan Jasques Montgolfier

Dua bersaudara yaitu Joseph dan Jasques Montgolfier berhasil menemukan balon udara. Balon yang mereka ciptakan terdiri dari kantong sutra, Tali dan Keranjang pada tahun 1783. Balon udara ini memanfaatkan api untuk menghasilkan asap yang mampu mengisi kantong sutera dengan uap panas hasil pembakaran sehingga mampu menerbangkan balon udara. Setelah berhasil menciptakan Balon Udara mereka melakukan uji coba dengan menggunakan binatang biri-biri, ayam jantan, dan itik sebagai penumpang balon udara dan berhasil terbang setinggi 6.000 kaki, sejauh 1 mil. Setelah sukses dalam penerbangan pertama kemudian manusia untuk pertama kalinya menjadi penumpang balon udara yaitu Jean Francois Pilatre dan Francois Lanrent. 

Ballon udara ditemukan pertama kali oleh
Jean Francois Pilatre dan Francois Lanrent
3. George Cayley

Keinginan agar manusia bisa terbang ternyata juga mendorong George Cayley untuk menemukan solusinya. George Cayley kemudian berhasil menemukan dan menciptakan glider yang bisa terbang dan dikendalikan oleh tubuh manusia. Glider yang diciptakan George Cayley tidak bisa terbang dalam jangka waktu yang lama sehingga ia berfikir keras untuk memecahkannya. Idenya kemudian dituangkan dalam bukunya yang berjudul “On Ariel Navigation” didalam bukunya itu dijelaskan agar bisa terbang lebih lama diperlukan sayap tetap, Ekor dan baling-baling sebagai pendorong pesawat. George Cayley dianggap berjasa didalam dunia penerbangan dan dijuluki bapak Aerodinamika. 

Rancangan George Cayley

4. Otto Lilienthal

Otto Lilienthal merupakan salah satu pemikir dibidang Aerodinamika yang mempelajari kemampuan burung dapat terbang di udara. Kemudian Otto Lilienthal berhasil menciptakan Glider yang dapat menerbangkan manusia dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Keberhasilannya tersebut kemudian mengilhaminya untuk menulis sebuah buku tentang dunia Aerodinamika dan dipublikasikan pada tahun 1889. Buku yang ditulis oleh Otto Lilienthal kemudian menjadi salah satu referensi bagi Wright Bersaudara dalam merancang pesawat terbang. 

Glider buatan Otto Lilienthal

5. Wright Bersaudara

Wright Bersaudara yaitu Wilbur Wright dan Ovierville Wright. Keberhasilan mereka dalam merancang pesawat terbang efektif pertama juga tidak lepas dari buku yang ditulis oleh Otto Lilienthal. Wright Bersaudara kemudian berhasil membuat pesawat terbang pertama yang bertenaga mesin. Mesin yang digunakan untuk pesawat terbang buatan mereka berasal dari mesin motor milik Wright bersaudara yang berhasil mereka perbaiki. 

Wright Flyer
Setelah berhasil merancang 4 pesawat terbang serta melakukan percobaan terbang sekitar 1.000 kali, Wright Bersaudara kemudian berhasil melakukan penerbangan pesawat pertama dengan tenaga mesin di Kitty Hawk di North Carolina. Kemudian pesawat yang berhasil mereka ciptakan di sebut Wright Flyer.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon