Letak Geologi Indonesia

Letak geologis merupakan letak suatu wilayah yang didasarkan pada proses terbentuknya permukaan bumi dengan melihat struktur dan bentukan batuan bumi yang mempengaruhi keadaan alam suatu wilyah seperti dataran tinggi, pegunungan, perbukitan, dataran tinggi, dan dataran rendah.

Bentang Alam Wilayah Indonesia
Dilihat dari letak geologisnya Indonesia terletak pada 3 lapisan lempeng bumi yaitu lempeng Eurasia, Lempeng Indo- Australia, dan lempeng Pasifik. Indonesia juga terletak di pertemuan dua pegunungan muda yaitu sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Indonesia yang berada pada pertemuan lempeng bumi mengakibatkan keadaan geografis Indonesia memiliki banyak pegunungan berapi yang dapat menyebabkan terjadinya bencana seperti gempa bumi, namun pegunungan berapi juga berdampak cukup baik pada komposisi tanah yang relatif subur.


Letak Indonesia yang berada di 2 benua yaitu Asia dan Australia juga menimbulkan tiga dangkalan yang saling terhubung. hal ini menimbulkan perbedaan spesies fauna di Indonesia yang digolongkan menjadi tiga tipe yaitu Asiatis, Endemik, dan tipe Australis. Tiga dangkalan tersebut yaitu:

  1. Dangkalan yang menghubungan Indonesia bagian barat dengan Asia disebut dengan dataran Sunda
  2. Dangkalan Sahul menghubungkan wilayah timur Indonesia dengan wilayah Australia
  3. Laut pertengahan antara Asiatis dan Australis.  

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon