Pengertian Sosiologi

Istilah sosiologi pertama kali dikemukakan oleh Aguste Comte seorang filsuf dari Francis sehingga dinobatkan sebagai bapak sosiologi dan aliran Positivisme. Auguste Comte lahir di kota Montpellier 17 Januari 1798 dan meninggal dunia di Paris 5 September 1857.

Auguste Comte
Sosiologi berasal dari dua kata bahasa Latin yaitu socious berarti sosial artinya teman, dan bahasa Yunani logos berarti kata atau pembicaraan. Jadi sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan manusia sebagai mahluk sosial dan interaksinya di lingkungan masyarakat baik antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

Sosiologi dapat dikategorikan kedalam ilmu murni pure science dan ilmu terapan applied science  pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan. Sosiologi sebagai ilmu murni pure science berusaha memperkaya teori-teori pada ilmu sosiologi  dengan memperhatikan gejala-gejala sosial yang terjadi didalam masyarakat. Sedangkan sosiologi sebagai ilmu terapan apllied science mempelajari gejala-gejala sosial yang terjadi pada masyarakat sekaligus berusaha mencari cara penyelesaiannya.

Jadi sosiologi sebagai ilmu murni bertujuan  untuk mengembangkan ilmu sosiologi sedangkan sosiologi sebagai ilmu terapan bertujuan untuk pemecahan masalah sosial yang terjadi didalam masyarakat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon