5 Keunikan Kemerdekaan Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat kaya akan keragaman suku yang masing-masing memiliki budaya yang berbeda. Tidak tanggung-tanggung jumlah suku yang berada dikawasan Indonesia mencapai 714 suku dengan rumpun bahasa mencapai 1.100.
Bentuk Muka Bumi Indonesia
Selain memiliki keragaman Suku dan Budaya Indonesia merupakan sebuah kawasan yang sangat strategis dikawasan khatulistiwa sehingga tanaman hidup sepanjang musim hal ini kemudian menimbulkan banyak penduduknya bermatapencaharian sebagai petani. Dari sisi maritim Indonesia tergolong sebagai negara yang memiliki garis pantai yang sangat luas yaitu 99.093 Km². Pada tahun 2017 tercatan hasil laut Indonesia mencapai 7,6 juta ton dikutip dari Republika.
Selain kekayaan hayati diatas Indonesia memiliki kekayaan nonhayati yang sangat banyak salah satunya pertambangan. Berikut daftar pertambangan logam yang ada di Indonesia dikutip dari kompasiana:   

Berikut hasil minya bumi Indonesia dikutip dari poetramerdeka:

Masih banyak lagi kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia yang belum tercatat dalam tulisan ini. Dari Uraian di atas tidak heran banya negara-negara yang berlomba-lomba untuk menguasai wilayah Indonesia. Tercatat ada beberapa negara yang berusaha menguasai wilayah Indonesia diantaranya Spanyol, Portugis, Belanda, Ingris, dan Jepang. Kedatangan negara-negara ini kemudian menjajah wilayah Indonesia untuk mengeksploitasi kekayaan alam maupun sumber daya manusia di Indonesia. hal ini kemudian berdampak pada timbulnya kesengsaraan dan penderitaan masyarakat pribumi yang kemudian memunculkan niat untuk terbebas dari penjajahan. Berikut ini 5 keunikan kemerdekaan Indonesia menurut Yousosial:
  1. Kemerdekaan Indonesia  dipelopori oleh para pemuda. Tidak tanggung-tanggung pemuda Indonesia mulai memunculkan taringnya sejak tahun 1908 dengan munculkan organisasi pergerakan nasional Indonesia yang pertama yaitu Budi Utomo yang diusulkan oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Budi Utomo dipimpin oleh seorang mahasiswa STOVIA yaitu Soetomo. Pemuda juga mempelopori untuk pertama kalinya dalam forum secara resmi menyebut Indonesia dengan mengikrarkan sumpah pemuda pada saat Kongres Pemuda II sekaligus pertama kalinya lagu Indonesia Raya dilantunkan oleh penciptanya dengan sebuah biola. Pemuda mempercepat proses proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan membawa Soekarno dan Hatta ke Rengas dengklok untuk meyakinkan bahwa kemerdekaan adalah hak Indonesia tanpa menunggu janji kemerdekaan dari pihak Jepang.
  2. Kemerdekaan Indonesia terjadi diakhir Perang Dunia ke II. Tidak tangung-tangung Indonesia dijajah Jepang untuk kepentingan perang memenangkan perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik. Jepang menyatakan perang dengan Amerika Serikat dengan menyerang pangkalan angkatan laut AS di Pearl Harbour 7 Desember 1941, kemudian Amerika Serikat membalas dengan pengeboman kota Horishima dan Nagashaki. Jepang kemudian menyerah tanpa syarat kepada Amerika Serikat tanggal 15 Agustus 1945 hal ini kemudian menandakan berakhirnya Perang Dunia II di kawasan Asia Fasifik. Sedang di Kawasan Eropa berakhirnya Perang Dunia ke II ditandai dengan kekalahan Jerman pada tanggal 8 Mei 1945.
    Pasukan Jepang menyerang Pearl Harbour
  3. Indonesia Pernah Mengalami Kekosongan Kekuasaan Vacum Of Power. Kondisi Ini terjadi di Indonesia ketika Jepang dikalahkan oleh Amerika Serikat setelah kedua kota Industri Jepang yaitu Horishima dan Nagashaki dibom oleh Amerika Serikat tanggal 6 dan 9 Agustus 1945.
  4. Kemerdekaan Indonesia didukung oleh Perwira Tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Ternyata ada tokoh besar dari kekaisaran Jepang yang bersimpati terhadap Indonesia dia adalah Laksamana Muda Maeda Tadashi lahir di KagoshimaJepang, tanggal 3 Maret 1898 –dan meninggal pada 13 Desember 1977 saat usianya mencapai 79 tahun. Laksamana Muda Maeda Tadashi mempersilahkan para tokoh bangsa Indonesia diantaranya Soekarno dan Hatta  beserta beberapa angota PPKI untuk merumuskan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kediamannya Jl. Imam Bonjol, No.1, Jakarta Pusat.   
    Maeda Tadashi
  5. Kemerdekaan Indonesia terjadinya atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Ketika Jepang menyerang pangkalan angkatan laut AS di Pearl Harbour 7 Desember 1941 ini adalah sebuah kesalahan besar yang dilakukan oleh Jepang. Pembalasan dilakukan oleh Amerika Serikat dengan menghanguskan kota Horishima dan Nagashaki dengan bom Atom. Kondisi ini menyebabkan Jepang kehilangan kekuatan pasalnya Horishima dan Nagashaki merupakan kota Industri khusus untuk kepentingan perang Jepang. Kemudian Kaisar Jepang menarik seluruh pasukannya dari daerah yang mereka kuasai termasuk di Indonesia. Dan Indonesia mengalami Vacum Of Power yang tidak disia-siakan oleh tokoh bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.
Itulah 5 keunikan kemerdekaan bangsa Indonesia menurut Yousosial. Jika ada pendapat yang dapat mengembangkan artikel tentang 5 keunikan kemerdekaan bangsa Indonesia silahkan komen dibawah. 


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon