Pengertian Antropologi

Ditinjau dari asal katanya Antropologi berasal dari bahasa Yunani άνθρωπος Antropos yang memiliki arti orang atau manusia dan Logos yang berarti ilmu. Dapat disimpulkan bahwa Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang manusia.

Charles Darwin Pencetus Teori Evolusi
Berikut ini pengertian Antropologi menurut para ahli:

  1. David Hunter Antropologi ialah ilmu yang lahir dari sebuah keingintahuan yang tidak terbatas mengenai umat manusia
  2. William A. Haviland Antropologi ialah studi mengenai umat manusia, yang berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan juga perilakunya serta agar dapat memperoleh pengertian yang bisa lengkap mengenai keanekaragaman manusia 
  3. Ralfh L Beals dan Harry Hoijen Antropologi adalah suatu Ilmu yang mempelajari tentang manusia menyangkut berbagai aktivitas yang di kerjakan
  4. Darwin Antropologi fisik mengalami perkembangan yang begitu pesat dimana melakukan berbagai penelitian mengenai asal mudal serta perkembangan manusia. Teori Darwin banyak yang menganggap bahwa ini tidak sesuai harfiah karena menurutnya Manusia berasal dari monyet, sebab setiap makhluk hidup di antaranya mengalami evolusi. Antropologi ingin membuktikan yakni dengan melakukan berbagai penelitian terhadap kera serta monyet di seluruh dunia. 
  5. Menurut Koenjaraningrat Anropologi merupakan ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan. Kemudian Koenjaraningrat menyebutkan lebih terperinci ada 5 masalah mengenai manusia yaitu :
    Koentjaraningrat Bapak Antropologi Indonesia
    • Masalah sejarah terjadinya dan perkembangan manusia sebagai mahluk biologis
    • Masalah sejarah terjadinya aneka warna mahluk manusia yang dipandang dari sudut ciri-ciri fisik tubuhnya
    • Masalah persebaran dan terjadinya aneka warna bahasa yang diucapkan oleh manusia di seluruh dunia
    • Masalah perkembangan, persebaran dan terjadinya aneka warna dari kebudayaan manusia di seluruh dunia