Alfonso de Albuqurque

Alfonso de Albuqurque adalah seorang pelaut asal Portugis. Alfonso de Albuqurque lahir di Alhandra, Portugal tahun 1453 dan meninggal dunia  di Goa 16 Desember 1515.

Alfonso de Albuqurque
Alfonso de Albuqurque memiliki ayah Gonçalo de Albuquerque dan Ibunya Leonor de Menezes

Dari Sungai Tajo yang bermuara ke Samudra Atlantik mengarungi Samudra Atlantik dengan lama perjalanan hingga tiga bulan, melewati Tanjung Harapan di Afrika, menuju Selat Malaka hingga tiba di Goa India.

Alfonso de Albuqurque  datang di goa atas undangan kepala suku Hindu dengan harapan membebaskan rakyat Hindu Goa dari kekuasaan Islam. 

Peta Goa sumber: Wikipedia
Alfonso de Albuqurque berhasil menaklukan Goa Tahun 1510 setelah mengalami dua kali pertempuran melawan Ismail Adil Shah raja Muslim dari Bijapur dengan sekutunya Ustmaniyah Turki. Portugis akhirnya mengalahkan Ismail Adil Shah raja Muslim dari Bijapur dengan sekutunya Ustmaniyah Turki dengan Armada yang kuat 34 kapal, serta 1.500 orang Portugis dan 300 orang Malabar.

Indonesia masa kolonialisme portugis berlangsung saat Alfonso de Albuqurque berhasil menemukan Maluku dengan mengutus Antonio Albreu dan Franscisco Serrao memimpin armadanya mencari jalan ke tempat asal rempah-rempah. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon