Peradaban Awal Masyarakat Indonesia

Menurut kamus bahasa Indonesia peradaban adalah kemajuan secara lahir dan batin dalam hal kecerdasan, sopan santun, budi bahasa, dan kebudayaan suatu bangsa. Peradaban awal masyarakat Indonesia dibedakan menjadi 5  yaitu: 
  1. Ilmu pengetahuan 
  2. Teknologi
  3. Kepercayaan
  4. Pemerintahan
  5. Pertanian
Peradaban Awal Masyarakat Indonesia selalu mengalami perkembangan seiring dengan tuntutan kehidupan manusia yang juga semakin komplek. Namun secara umum peradaban dibagi menjadi empat tingkatan yaitu:
  1. Tingkat pertama adalah suatu peradaban primitif manusia dimana manusia hidup berpindah-pindah untuk mencukupi kebutuhan hidupnya yang sangat bergantung pada alam.
  2. Tingkat Kedua adalah peradaban manusia yang dimulai saat manusia mengenal bercocok tanam peradaban tingkat kedua dikenal dengan zaman revolusi agraris.
  3. Tingkatan ketiga merupakan peradaban yang semakin maju sejak berkembangnya teknologi yang dimulai ketika ditemukannya mesin uap pada masa revolusi Industri di Inggris
  4. Tingkatan keempat adalah perkembangan Teknologi, Informasi dan Teknologi digital 
Peradaban awal masyarakat Indonesia dimulai pada tingkatan peradaban pertama yaitu peradaban primitif dimana manusia hidup berpindah-pindah untuk mencukupi kebutuhan hidupnya yang sangat bergantung pada alam. Berikut merupakan peradaban awal masyarakat Indonesia:

1. Ilmu Pengetahuan

Peradaban awal masyarakat Indonesia dalam Ilmu Pengetahuan sudah mengenal ilmu perbintangan (Astrologi) dengan memperhatikan Bintang Waluku dan Ilmu Astronomi untuk menentukan arah perlayaran dengan memperhatikan rasi bintang biduk selatan.
Rasi Bintang Biduk
2. Teknologi

Berkembangnya Ilmu Pengetahuan pada peradaban awal masyarakat Indonesia diikuti perkembangan teknologi. Peradaban awal masyarakat Indonesia dibidang teknologi dimulai setelah masyarakat Indonesia mengenal bercocok tanam. Artinya Peradaban Awal masyarakat Indonesia masuk dalam tingkat kedua peradaban.  Teknologi yang sudah dikenal seperti melebur logam dengan teknik acire berdue dan Teknik bivalve. Teknologi yang kedua yang dikenal masyarakat Indonesia mengenal transfortasi laut yang berhasil membuat kapal bercadik dan berbagai bangunan terbuat dari batu yang sangat megah seperti punden berundak-rundak.

3. Kepercayaan

Sistem kepercayaan awal masyarakat Indonesia dimulai sejak masa berburu dan mengumpulkan makanan. Banyak bukti ditemukan di Indonesia seperti lukisan-lukisan di dinding Gua Leang Pattae, Sulawesi Selatan. Sistem kepercayaan awal masyarakat Indonesia bersifat percaya kepada roh nenek moyang (animisme) dan percaya kepada benda-benda berkekuatan magis (dinamisme).
Lukisan di Gua Leang Pattae
4. Pemerintahan 

Sistem pemerintah masyarakat awal Indonesia dimulai ketika pola hidup manusia sudah mulai menetap pada suatu tempat. Sitem pemerintahan masyarakat awal Indonesia yaitu sitem pemerintahan dipimpin oleh seorang kepala suku.

5. Pertanian 

Sistem pertanian pada masyarakat awal Indonesia adalah huma. Huma adalah sistem pertanian berpindah-pindah dan sangat bergantung pada tingkat kesuburan tanah. Sejalan dengan perkembangan zaman manusia berusaha mencari jalan keluar dalam mengatasi permasalahan pertanian yang sangat bergantung pada tingkat kesuburan tanah tersebut. Akhirnya pertanian masyarakat awal Indonesia mulai menetap setelah mengenal merawat dan menjaga kondisi lahan pertanian dengan pemupukan.

Peradaban awal masyarakat Indonesia dibandingkan dengan sekarang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Namun perkembangan itu tidak terlepas dari peradaban awal masyarakat Indonesia yang merupakan dasar terbentuknya peradaban masyarakat Indonesia sekarang.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon