Candi Borobudur Mahakarya Dinasty Syailendra

Candi Borobudur adalah bangunan modern peninggalan zaman Hindu-Buddha di Indonesia. Candi Borobudur diperkirakan dibangun pada tahun 800 Masehi yang memakan waktu penyelesaian pembangunannya hampir 100 tahun lamanya. Candi Borobudur diselesaikan pada masa pemerintahan raja Samarotungga dari dinasti Syailendra yang corak pemerintahannya adalah Buddha.
Arca Buddha di Candi Borobudur Gambar oleh Sherra Triarosdiana dari Pixabay 
Arti kata borobudur sampai saat ini masih menjadi perdebatan dikalangan para ahli. Ada beberapa persi tentang pengertian kata borobudur yaitu:
  1. Berdasarkan buku yang ditulis oleh Thomas Stamford Raflesh tentang sejarah pulau jawa disebutkan istiliha Borebudur. Bore adalah salah satu desa yang berada disekitar kompleks candi Borobudur sedangkan istilah budur banyak yang menyatakan adalah sebuatan untuk Buddha.
  2. Borobudur juga diperkirakan berasal dari istilah sambrabudhara yang artinya gunung yang lerengnya dibangun teras-teras.
  3. Dari bahasa sangsekerta Istilah borobudur berasal dari dua kata yaitu bara Biara atau kompleks candi dan beduhur yang artinya tinggi. Jika disimpulkan maka katanya memiliki makna Kompleks Candi yang digunakan sebagai Biara yang dibangun diatas bukit/tempat tinggi.
  4. Borobudur sendiri juga diperkirakan berasal dari kata Bhumi Sambhara yang berarti “bukit atau gunung” Buddhara yang berarti Raja jadi Borobudur adalah berarti Raja Gunung yang sama artinya dengan kata Syailendra.

Stupa di Candi Borobudur Gambar oleh Marjo Groenewegen dari Pixabay 
Awalnya komples candi borobudur berupa reruntuhan yang terlihat seperti bukit yang ditumbuhi pepohonan. Setelah Thomas Stamford Raflesh tahun 1914 menemukan reruntuhan candi borobudur  rekunstruksi baru dilakukan oleh Theodor van Erp dengan membersihkan area bangunan candi sehingga bentuk mulai terlihat.

Tahun 1960 pemerintah Indonesia mengajukan rekonstruksi candi borobudur kepada masyarakat Internasional. UNESCO bersama dengan pemerintah Indonesia kemudian berhasil membangun ulang candi borobudur yang memakan biaya sekitar 6.901.243 dollar AS. Candi Borobudur pada tahun 1991 dimasukan kedalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO. 
Candi Borobudur
Lokasi dari candi borobudur terletak di kecamatan Borobudur kabupaten Magelang provinsi Jawa Tengah. Sekarang Candi Borobudur dijadikan sebagai tempat suci agama Buddha yang biasanya dilakukan rutin setiap tahun pada saat hari raya Waisak. Candi Borobudur adalah tempat wisata sejarah dan wisata spiritual yang masih ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan wisatawan luar negri.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon