Tembok Besar Cina TBC

Tembok Besar Cina TBC merupakan sebuah bangunan bersejarah yang terdapat di Cina dan masuk dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO tahun 1987.
Tembok Besar Cina Gambar oleh David Mark dari Pixabay 
Tembok Besar Cina TBC merupakan bangunan yang berupa tembok yang mengikuti pola pegunungan Cina Utara. Tembok-tembok yang terbentuk awalnya merupakan tempat yang digunakan sebagai pertahanan perang.

Sebelum Dinasti Qin berkuasa di Cina terdapat Dinasti Zhou dengan Lima Raja Besar yang berkuasa yaitu  Adipati Huan dari Qi , Adipati Wen dari Jin, Raja Zhuang dari Chu, Adipati Mu dari Qin, dan Adipati Xiang dari Song. Terjadinya pertikaian diantara Lima Raja Besar menimbulkan peperangan dan menjadi awal berakhirnya kekuasaan Dinasti Zhou.
Jalan diatas tembok besar Cina Gambar oleh jl w dari Pixabay 
Dari peperangan Lima Raja ini akhirnya dibangun tembok-tembok dan dijadikan sebagai pertahanan. Beberapa Dinasti yang tercatat dalam peletakan batu pertama Tembok Besar Cina yaitu Chu, Qi, Yan, Wei dan Zhao namun tembok yang dibangun merupakan tembok yang masih terpisah. Pada Masa Kekuasaan Dinasti Qin yang diperintah oleh Kaisar Qin Shin Huang tahun 220 SM mengerahkan 3000 Pekerja untuk menyambungkan  tembok-tembok sebagai garis pertahanan. Berakhirnya Kekuasaan Dinasti Qin menyebabkan pembangunan Tembok tidak dilanjutkan.
Menara Tembok Besar Cina Gambar oleh jl w dari Pixabay 
Dinasti Han dengan sang kaisar Han Wudi yang berkuasa dari tahun 140 - 87 SM melanjutkan pembangunan Tembok-tembok yang belum selesai selama 20 Tahun dengan panjang mencapai 1000 Km. Tujuan Han Wudi melanjutkan pembangunan tembok sebagai pertahanan dari ancaman bangsa Hun.

Pada masa pemerintahan Dinasti Ming tahun 1368 - 1644 melakukan Rekonstruksi dan Renovasi terhadap Tembok Besar Cina. Panjang Tembok Besar Cina setelah direkonstruksi panjangnya mencapai 5650 Km. Hasil renovasi dari tembok besar Cina kala itu dengan dibangunnya menara suar, Pintu Gerbang, tembok yang tadinya hanya sebagai pertahanan kemudian juga memiliki fungsi sebagai penghubung Menara Pengintai, Menara Suar dan Pintu Gerbang.
Penampakan Ketinggian Tembok Besar Cina Gambar oleh Natalya Melnikova dari Pixabay 
Sampai sekarang Tembok Besar Cina masih berdiri kokoh di Cina. Dari pengukuran Terbaru panjang dari Tembok Besar Cina oleh Badan Survei dan Pemetaan dan Badan Administrasi Warisan Budaya Republik Rakyat Tiongkok, Panjang keseluruhan Tembok Besar Cina  mencapai 8.850 Km. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon