Sejarah Indonesia

Sejarah Indonesia adalah serangkaian peristiwa penting yang melatar belakangi lahirnya negara Indonesia. Sejarah Indonesia ditulis dari masa praaksara sampai masa reformasi yang masih berlangsung hingga sekarang. Namun secara umum sejarah Indonesia dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu:

  1. Sejarah Indonesia masa praaksara
  2. Sejarah Indonesia masa Hindu/Buddha di Indonesia
  3. Sejarah Indonesia masa Islam
  4. Sejarah Indonesia masa Kolonial
  5. Sejarah Indonesia masa pergerakan nasional Indonesia
  6. Sejarah Indonesia awal kemerdekaan Indonesia
  7. Sejarah Indonesia setelah kemerdekaan Indonesia
  8. Sejarah Indonesia masa Orde Lama
  9. Sejarah Indonesia masa Orde Baru
  10. Sejarah Indonesia masa Reformasi
Sejarah Indonesia dimulai dari zaman praaksara dimana saat itu ditemukan Fosil Manusia Jawa yang berusia sekitar 1.700.000 Tahun yang lalu dikategorikan kedalam masa praaksara karena pada masa itu belum ditemukan artefak atau alat-alat kehidupan hasil peninggalan manusia berupa tulisan. Namun masa praaksara di Indonesia saat itu telah mengenal seni lukisan yang digunakan untuk menyampaikan informasi pada masa itu.

Gambar tangan ditemukan di Sulawesi Selatan
Sejarah Indonesia masa praaksara kemudian berakhir dengan masuknya pengaruh Agama Hindu/Buddha di Indonesia. Masuknya agama Hindu/Buddha di Indonesia berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat saat itu seperti bentuk pemerintahan, pengolongan masyarakat, dan yang tidak kalah penting masyarakat saat itu sudah mulai mengenal tulisan atau memasuki masa aksara. Agama Hindu/Buddha juga mendorong terbentuknya kerajaan yang bercorak Hindu/Buddha namun tercatat kerajaan pertama Hindu adalah kerajaan Kutai dan Kerajaan Hindu Terakhir yaitu Kerajaan Majapahit.
Yupa sumber sejarah Kerajaan Kutai
Keruntuhan kerajaan majapahit kala itu menandakan berakhirnya masa Hindu/Buddha di Indonesia setelah masuknya pengaruh Agama Islam di Indonesia. Islam berkembang pesat di Indonesia sampai saat ini mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam. Sejak berkembangnya pengaruh Islam di Indonesia bermunculan kerajaan kerajaan Islam di Indonesia diantaranya Kerajaan Aceh, Kerajaan Demak, dan Kerajaan Mataram Islam.

Masuknya bangsa Eropa di wilayah Indonesia saat itu menjadi periode baru penulisan sejarah Indonesia. Masa itu kemudian dikenal dengan Sejarah Indonesia masa Kolonial. Bangsa-bangsa Eropa yang pernah menjajah Indonesia diantaranya Portugis, Spanyol, Belanda, Ingris, dari benua Asia sendiri yaitu Jepang.

Masa Kolonial Belanda kala itu yang menerapkan Politik Balas Budi yang salah satu programnya adalah pendidikan akhirnya mendorong munculnya golongan terpelajar di kalangan rakyat Indonesia. Periode ini deikenal dengan sejarah Indonesia masa pergerakan nasional. Masa ini ditandai dengan lahirnya organisasi pergerakan nasional Indonesia pertama yaitu Budi Utomo 1908.
Dr. Soetomo
Setelah Bom Atom di jatuhkan di Kota Horishima dan Nagashaki 6 dan 9 Agustus 1945 Jepang akhirnya mulai meninggalkan Indonesia. Sehingga pada 17 Agustus 1945 Indonesia menyatakan kepada dunia terbebas dari penjajahan bersama dengan dibacakannya teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Kehidupan Bangsa Indonesia diawal kemerdekaan masih mengalami kendala diantaranya keinginan Belanda yang Ingin berkuasa kembali di Indonesia. Indonesia di awal kemerdekaan juga mendapat tantangan dengan munculnya pemberontakan dari dalam negeri Indonesia.
Lambang Negara Indonesia
Dari Segi pemerintahan, Indonesia dibagi menjadi Orde lama, Orde Baru dan Masa Reformasi. berikut Presiden yang pernah memerintah negara Indonesia:
  1. Ir. Soekarno 1945 - 1967
  2. Ir. Soeharto 1967 - 1998
  3. Bacharuddin Jusuf Habibie 1998 - 1999
  4. Abdurrahman Wahid 1999 - 2001
  5. Megawati Soekarnoputri 2001 - 2004
  6. Susilo Bambang Yudhoyono 2004 - 2014
  7. Joko Widodo 2014 - 2024

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon