Revolusi Amerika Serikat: Lahirnya Liberalisme-Kapitalisme Dunia

Revolusi Amerika Serikat adalah peristiwa lahirnya negara Amerika Serikat melalui berbagai perjuangan oleh 13 koloni Ingris di benua Amerika yang memberontak terhadap pemerintahan kerajaan Ingris. Pemberontakan  13 koloni Ingris di benua Amerika disebabkan oleh pemberlakuan pajak yang tinggi dan monopoli perdagangan oleh kerajaan Ingris. Revolusi Amerika Serikat dimulai pada tahun 1765 hingga tahun 1783.
Bendera Amerika Serikat
Revolusi Amerika Serikat terjadi dilatar belakangi oleh beberapa peristiwa penting yang mendorong pecahnya revolusi diantaranya:
  1. Perang Tujuh Tahun 1756-1763 Antara Inggris dan Perancis disebabkan Inggris melakukan invansi diwilayah Koloni Perancis di Louisiana.
  2. Kerajaan Inggris memberlakuan Pajak yang tinggi kepada Koloni Ingris di Amerika
  3. Munculnya faham Liberalisme Politik dan Perdagangan
  4. Terjadinya Persitiwa Tea Boston Party
  5. Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat 4 Juli 1776
  6. Perang Kemerdekaan Amerika Serikat 1775-1783
Pemberlakuan pajak yang tinggi oleh kerajaan Ingris terhadap Koloni Ingris di benua Amerika merupakan salah satu peristiwa yang mendorong terjadinya Revolusi Amerika , adapun pajak yang diberlakukan yaitu:
  1. Sugar Act (Undang-undang Gula) Tahun 1764
  2. Townsent Act (Pajak Impor)
  3. Stamp Act (Matrai Pajak)
  4. Quartering Act (Kewajiban Melayani Para Tentara Inggris)
Koloni Inggris di benua Amerika saat itu mulai menganut paham kebebasan dalam perdagangan  menentang monopoli perdagangan yang dilakukan oleh kerajaan Inggris. Pasalnya daerah koloni hanya bisa melakukan perdagangan dengan kerajaan Inggris dengan aturan yang merugikan daerah koloni Amerika. Koloni Amerika yang merasa terbebani dengan kebijkan kerajaan Inggris akhirnya menyadari pentingnya sebuah kebebasan dalam ekonomi dan politik sehingga mendorong untuk terbebas dari Kerajaan Inggris dan mendirikan sebuah negara yang merdeka.
Peristiwa Tea Boston Party
Berlabuhnya Kapal Dagang Kerajaan Inggris di pelabuhan Boston yang membawa pasokan Teh diserang oleh kelompok Son Of Liberty yang dipimpin oleh Samuel Adam. Mereka membuang muatan kapal yang berisi Teh di laut. Penyerangan terhadap Kapal Kerajaan Inggris ini bukan tanpa sebab, Koloni Inggris di Benua Amerika dipaksa untuk membeli teh dari kerajaan Inggris tetapi juga harus membayar pajak  peristiwa ini dikenal dengan peristiwa Boston Tea Party. Akibat peristiwa Tea Boston Party kerajaan Inggris yang saat itu dipimpin oleh Raja George III mengambil tindakan keras dengan menurunkan pasukan dalam setiap kebijakan yang dikeluarkan seperti penarikan pajak.

Pada Tanggal 4 Juli 1776 Koloni Amerika mendeklarasikan kemerdekaan Amerika Serikat. Deklarasi Amerika Serikat disusun oleh Thomas Jefferson, Benjamin Franklin, dan John Adams dan kemudian dibacakan dihadapan rakyat Amerika di lapangan state house. Prancis adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Amerika Serikat dari kekuasaan Kerajaan Inggris.
Perang Kemerdekaan Amerika Serikat
Setelah mendeklarasikan kemerdekaannya Amerika Serikat akhirnya terlibat pertempuran dengan kerajaan Inggris dalam kurun waktu Tahun 1775-1783. Namun Amerika Serikat mendapat bantuan dari Prancis, Belanda, dan Spanyol . Amerika Serikat berhasil mengalahkan Inggris didukung oleh Perancis yang dipimpin oleh Jendral Lafayette pada tanggal 19 Oktober 1781. Perang Kemerdekaan Amerika Serikat akhirnya diselesaikan dimeja perundingan yang dikenal dengan perjanjian Paris pada tanggal 3 September 1783 yang isinya pemerintah Kerajaan Inggris mengakui kemerdekaan Amerika Serikat. 

Revolusi Amerika Serikat menimbulkan dampak terhadap dunia yaitu;
  1. Munculnya Negara-negara Baru
  2. Lahirnya faham Liberalisme dan Demokrasi
  3. Mendorong Terjadinya Revolusi Perancis
  4. Menumbuhkan motivasi bangsa terjajah untuk melepaskan diri dari penjajahan  
Perjuangan 13 Koloni Amerika berhasil membentuk negara Amerika Serikat setelah mengalahkan dominasi kerajaan Inggris. Hingga saat ini Amerika Serikat menjelma menjadi negara Besar yang memiliki kekuatan Ekonomi dan Militer yang kuat di Dunia yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dunia saat ini.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon