Arus ombak berbahaya

Beragam jenis ombak laut dengan pesona keindahannya ternyata tidak selamanya aman. Terdapat arus ombak yang berbahaya bagi keselamatan manusia yang sedang beraktivitas di laut. Arus ombak berbahaya bagi manusia di laut yaitu Ombak laut persegi biasa disebut (Cross sea) dan Arus Tenang (Rip Current). Berikut penjelasan lengkap mengenai arus ombak berbahaya di laut.

1. Ombak Laut berbentuk persegi

Jenis Ombak laut persegi atau biasa disebut (Cross sea) sangat berbahaya. fenomena ombak laut persegi terjadi di laut disebabkan oleh hembusan angin dari berbagai sisi yang terus bergerak dan saling bertabrakan kemudian menghasilkan ombak yang membentuk sudut dan pola seperti persegi. Bayangkan ketika kalian dikelilingi oleh ombak berbentuk persegi! hum pastinya kalian akan sulit mencari cara keluar dari kepungan ombak tersebut.
Penampakan ombak persegi di Lautan
Ombak Laut berbentuk persegi yang sangat berbahaya terjadi akibat pertemuan arus dingin disaat cuaca mendung dengan arus hangat ketika cuaca cerah. Ombak Laut berbentuk persegi membentuk  arus yang kuat dapat menenggelamkan Kapal yang sedang berlayar apa lagi manusia yang sedang berenang di pantai. Umumnya Ombak persegi berbahaya yang satu ini sering terjadi di Eropa di kawasan Samudera Atlantis seperti di Prancis dan Portugal. 

2. Arus Tenang (Rip Current)

Rip Current terjadi akibat terpecahnya ombak yang saling bertabrakan kemudian membentuk arus yang kuat. Arus yang kuat ini dapat menyeret manusia hingga menjauhi pantai. Arus ombak Rip Current sangat berbahaya.  Rip Curent akan membentuk arus balik ketika arus datang tegak lurus garis pantai dan menemui garis pantai yang melengkung. Perhatikan pola terbentuknya Rip current dibawah ini!
Pola terbentuknya Rip Current
Daerah di Indonesia yang sering didapati Arus Tenang (Rip Current) terjadi di perairan kawasan Gunung Kidul Yogyakarta dan perairan pesisir Pangandaran.

Tercatat 80% kasus yang disebabkan oleh Rip current Berdasarkan data dari US Lifesaving Association (USLA). Persentasi kasus yang disebabkan oleh rip current melebihi kasus kematian para wisatawan yang disebabkan oleh serangan hiu. Tentunya Rip current sangat berbahaya kalian perlu mewaspadai fenomena ini.

Penampakan Rip Current dipantai
Arus ombak memang berbahaya dan mengancam keselamatan manusia yang sedang beraktivitas di laut. Seperti arus berbahaya yang terbentuk oleh ombak berbentuk persegi (Cross Sea) dan arus yang terbentuk dari tabrakan ombak Rip Current. Untuk menghadapi situasi ini kalian harus tetap tenang dan waspada untuk memunculkan jalan keluar dan bertahan hidup.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon