Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kelangkaan merupakan permasalah utama ekonomi. Kelangkaan ini dapat mempengaruhi harga barang pemuas bagi kebutuhan hidup manusia yang akan semakin mahal. Harga pemuas kebutuhan mahal dapat menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan manusia.

Lalu apa yang dimaksud dengan kebutuhan? Kebutuhan adalah keinginan manusia terhadap barang dan jasa yang harus dipenuhi. Jika kebutuhan manusia tidak terpenuhi akan menimbulkan dampak negatif bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Disaat kebutuhan manusia terpenuhi akan timbul kebutuhan-kebutuhan lainnya dan berusaha untuk memenuhinya. 

Diperlukan pertimbangan dalam memenuhi kebutuhan

Kebutuhan manusia jenis-jenis kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi 4:

  1. Macam-Macam Kebutuhan Menurut Intensitasnya atau Tingkatannya. 
  2. Macam-Macam Kebutuhan Menurut Sifat. 
  3. Macam-Macam Kebutuhan Menurut Waktu Penggunaannya. 
  4. Macam-Macam Kebutuhan Menurut Subjek.

1. Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas/Tingkatannya

  • Kebutuhan primer atau kebutuhan pokok adalah kebutuhan yang harus dipenuhi karena bila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup. Adapun yang termasuk kebutuhan primer antara lain: kebutuhan akan makan, kebutuhan pakaian, dan rumah 
  • Kebutuhan sekunder (tambahan) adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan pelengkap dari kebutuhan primer. Tidak terpenuhinnya kebutuhan ini tidak mengganggu kelangsungan hidup. Kebutuhan sekunder antara lain, perabot rumah tangga, lemari, arloji, radio, dan sabun.
  • Kebutuhan Tersier atau kebutuhan barang mewah adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini tidak mutlak harus dipenuhi tetapi disesuaikan dengan kondisi keuangan dari masing-masing orang. 
Makanan adalah kebutuhan primer manusia

2. Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya
  • Kebutuhan Jasmani adalah kebutuhan yang bersifat memberi kepuasan pada badan atau jasmani. Kebutuhan ini bersifat materi kebutuhan ini antara lain makan, obat bagi yang sakit, minuman, kesehatan, dan olah raga.
  • Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang dirasakan untuk kepentingan jiwa manusia. Apabila kebutuhan ini terpenuhi akan merasa puas, aman dan tenang. Contoh kebutuhan rohani yaitu rekreasi, agama, nonton TV, baca buku, dan pendidikan.
3. Kebutuhan Menurut Waktunya Penggunaannya

  • Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan manusia yang harus segera dipenuhi pada saat dibutuhkan. Apabila pemenuhan kebutuan ini tidak dilakukan dengan segera akan berakibat tidak baik terhadap kelangsungan hidupnya,Contohnya 1) Makanan sangat dibutuhkan ketika kelaparan  harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kelaparan 2) Minuman sangat dibutuhkan bagi orang yang kehausan dan ini harus segera dipenuhi karena orang bisa mati kehausan 3) Obat sangat dibutuhkan bagi orang yang sakit. Kebutuhan ini tidak bisa ditunda karena akan berakibat fatal. 
  • Kebutuhan masa yang akan datang adalah kebutuhan manusia yang pemenuhannya dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang. Pemenuhan kebutuhan ini dapat dipersiapkan dari sekarang. Contoh,Tabungan untuk biaya kuliah.
Manusia akan mati jika kekurangan air
4. Kebutuhan Menurut Subjeknya

  • Kebutuhan Individual adalah kebutuhan yang berhubungan langsung dengan perorangan. Kebutuhan ini dirasakan oleh diri pribadi seseorang dan pemenuhannya dilakukan secara individu. Contoh kebutuhan ini seperti makan, minum, mobil, sepatu, dan kaca mata.
  • Kebutuhan kelompok atau kolektif adalah kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dan pemenuhannya jugadilakukan secara bersama-sama. Contoh kebutuhan ini antara lain : kebutuhan akan jalan, jembatan, sekolah, pasar, dan lapangan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon