Materi IPS Ekonomi: Permasalahan Dasar Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan  interaksi antarmanusia tanpa memandang perbedaan karena pada hakekatnya manusia manusia memiliki keinginan dan kebutuhan yang tidak terbatas. Ketidak seimbangan antara sumber daya dengan keinginan dan kebutuhan manusia menyebabkan permasalahan atau biasa disebut dengan masalah ekonomi.

Ketika manusia menghadapai keterbatasan sumber daya maka manusia harus berfikir rasional untuk mempertimbangkan apa yang harus dipenuhi terlebih dahulu dari kebutuhan lainnya. Setelah berfikir rasional kemudian manusia mengambil sebuah keputusan atau tindakan untuk memaksimalkan kepuasan dan keuntungan yang disebut dengan tindakan ekonomis.

Ekonomi berasal bahasa Yunani, yaitu oikos berarti "keluarga, rumah tangga" dan nomos yang berarti "peraturan, aturan, hukum".

Kondisi dimana sumber daya terbatas terbatas sedangkan keinginan dan kebutuhan yang tidak terbatas menyebabkan kelangkaan (Scarcity). Kelangkaan itu sendiri adalah permasalahan dasar ekonomi. Kelangkaan itu sendiri diartikan sebagai sebuah kondisi di mana barang pemuas baik barang atau jasa tidak tersedia dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan semua orang tanpa pengorbanan (Gratis/At Zero Price).

Alam merupakan salah satu faktor produksi

Masalah inti ekonomi yaitu kelangkaan melahirkan masalah baik bagi Individu dan secara luas bagi negara. Permasalahan yang timbul bagi sebuah negara yang diakibatkan oleh kelangkaan yaitu bagaimana mengelola sumber daya yang terbatas untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan penduduk suatu negara. 

Untuk mengatasi permasalahan ekonomi dan kelangkaan diperlukan kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, distribusi, dan Konsumsi. Sebelum melakukan kegiatan ekonomi tersebut permasalahan ekonomi harus dirumuskan secara spesifik apa lagi di era modern seperti saat ini. Rumusan permasalahan ekonomi tersebut yaitu:

  1. What: Barang apa yang harus di produksi, permasalahan ini terjadi karena adanya keinginan dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
  2. How: Bagaimana barang tersebut harus di produksi, untuk melakukan kegiatan produksi tentunya bergantung kepada pemanfaatan faktor produksi dan penggunaannya secara efektif dan efisien dengan mempertimbangkan pemanfaatan teknologi 
  3. Who: Untuk siapa barang tersebut harus diproduksi, pertimbangan ini untuk menentukan segmentasi pasar sehingga hasil produksi dapat disalurkan secara maksimal beserta keuntungannya untuk kesejahteraan masyarakat.

Upaya mengatasi masalah kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang tidak terbatas. Lalu apa yang di maksud dengan kebutuhan Manusia? materi selanjutnya yaitu kebutan manusia.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon