Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan seutuhnya bagi seluruh rakyat Indonesia. Jika kita perhatikan isi pembukaan UUD 1945 yang berbunyi " Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya". Berdasarkan bunyi pembukaan UUD 1945 alinea ke-3 tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa:

  1. Kemerdekaan Indonesia terjadi karena rahmat, berkat dari Tuhan Yang Maha Esa
  2. Kemerdekaan Indonesia terjadi karena bangsa Indonesia menginginkan kehidupan berbangsa yaitu bangsa Indonesia
  3. Adanya tekad atau keinginan yang kuat tersebut seluruh bangsa Indonesia berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia 

Perjuangan bangsa Indonesia yang tanpa lelah akhirnya membuahkan hasil dengan di proklamasikannya kemerdekaan tangga 17 Agustus 1945 oleh Soekarno. Proklamasi kemerdekaan tersebut memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia yaitu:

  1. Proklamasi kemerdekaan Indonesia  merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah untuk mendapatkan hak sebagai bangsa yang merdeka tidak ditindas bangsa , memiliki kedudukan yang sederajat dengan bangsa lain didunia ini. 
  2. Proklamasi kemerdekaan Indonesia tahap awal lahirnya negara Indonesia ini berarti bahwa hukum kolonial (penjajah) sudah tidak berlaku lagi dan diganti dengan hukum Nasional Proklamasi merupakan amanat pedndiritan rakyat untuk mewujudkan tujuan negara Indonesia sesuai yang tercantum pada UUD 1945 yaitu : mewujudkan kehidupan bernegara, melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdasakan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.
  3. Proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah jembatan emas bagi bangsa Indonesia untuk mengisi kemerdekaan Indonesia, membentuk Negara yang merdeka berdaulat pemerintahan yang diakui oleh rakyatnya sehinga dapat mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. 
    Suasana Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Tercapainya kemerdekaan memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia lebih khususnya dalam bidang politik, ekonomi, dan budaya. Berikut penjelasannya:
  1. Makna kemerdekaan Indonesia dalam bidang politik  memiliki kedaulatan rakyat yaitu pengakuan dari rakyat Indonesia mengakaui adanya pemerintahan Indonesia sebagai kekuasaan pemerintahan tertinggi.
  2. Makna kemerdekaan Indonesia dalam bidang ekonomi yaitu Indonesia berhak mengatur perekonomian berdasarkan UUD 1945 untuk kesejahteraan seluruh rakyat.
  3. Makna kemerdekaan Indonesia dalam bidang budaya yaitu Indonesia memiliki hak untuk mengembangkan dan mengembangkan budaya Indonesia yang merupakan jati diri Indonesia.
Namun proklamasi kemerdekaan Indonesia bukanlah akhir dari perjuangan bangsa Indonesia. Perjuangan tetap berlangsung baik secara fisik maupun diplomasi hingga di selenggarakannya Konferensi Menja Bundar (KMB) di Den Haag Belanda tanggal 23 Agustus – 2 November 1949 salah satu isinya mengakui kedaulatan Indonesia beserta wilayah kekuasaaan bangsa Indonesia.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon