Peran Tokoh Nasional Seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Berkat Perjuangan yang gigih akhirnya bangsa Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaan pada pada 17 Agustus 1945. Hal ini juga tidak lepas dari peran para tokoh nasional dengan segala upaya untuk mencapai dan mempertahankan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Peran Tokoh nasional seputar proklamasi diantaranya:

Achmad Soebardjo
  1. Ahmad Soebardjo adalah penengah antara golongan muda dan golongan tua ketika terjadi perbedaan pendapat tentang pelaksanaan proklamasi kemerdekaan. Soekarno dan Moh Hatta dibawa ke Rengasdengklok oleh pemuda (Peristiwa Rengasdengklok) dengan tujuan menghindarkan mereka dari pengaruh Jepang. Ahmad Soebardjo juga menjamin keselamatan Soekarno dan Hatta hingga kembali ke Jakarta. Setelah tiba di Jakarta Ahmad Soebarjo ikut merumuskan proklamasi kemerdekaan bersama Soekarno dan Hatta.
  2. Chaerul Saleh, Sukarni, Wikana, dan Shudanco Singgih adalah golongan muda yang membawa Soekarno dan Moh Hatta ke Rengahdengkol untuk menghindarkan kedua tokoh tersebut dari pengaruh Jepang.
  3. Soekarno adalah seorang tokoh yang merumuskan, menulis dan memproklamasikan kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945.
  4. Mohammad Hatta merumuskan proklamasi dan mendampingi Soekarno memproklamasikan kemerdekaan.
  5. Fatmawati diketahui sebagai orang yang menjahit bendera merah putih dikibarkan tanggal 17 Agustus 1945
  6. Soekarni adalah orang yang mengusulkan agar proklamasi kemerdekaan di tandatangani oleh Soekarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia
  7. Sayuti Melik berperan dalam proses kemerdekaan mengetik naskah proklamasi
  8. Latief Hendraningrat dan Suhud adalah penggerek bendera 
  9. Laksamana Maeda adalah wakil komanda angkatan laut Jepang. Ia berperan penting dalam proses kemerdekaan Indonesia dengan menjadikan rumahnya sebagai tempat untuk merumuskan proklamasi kemerdekaan.
Laksamana Maeda
Itulah para tokoh nasional yang berperan aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selanjut adalah peran tokoh nasional dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon