Kegiatan Produksi dan faktor produksi

Kegiatan produksi adalah kegiatan meningkatkan nilai guna barang dari barang mentah menjadi barang setengah jadi, hingga menjadi barang jadi yang dapat dinikmati langsung kegunaannya oleh konsumen (Barang ekonomis). Kegiatan produksi bertujuan untuk meningkatkan nilai guna barang dan memperoleh keuntungan atau laba dengan cara memenuhi kebutuhan manusia manusia.

Secara garis besar produksi terbagi menjadi 5 jika dilihar dari bahan garapannya yaitu produksi ekstraktif, produksi agraris, produksi idustri, produksi jasa, dan perdagangan. Berikut penjelasannya:
Kegiatan produksi mobil
  1. Produksi ekstraktif adalah cara memenuhi kebutuhan manusia dengan mencari dan mengumpulkan sumber daya alam tanpa mengubah bentuk atau sifat asli barang tersebut. Contoh kegiatan produksi ekstraktif penambang pasir atau batu, penangkapan ikan oleh nelayan.
  2. Produksi agraris adalah cara memenuhi kebutuhan manusia dengan cara mengolah sumber daya alam terlebih dahulu untuk menghasilkan barang kebutuhan manusia. Contoh produksi agraris adalah yaitu pengolahan tanah untuk lahan pertanian atau perkebunan, atau menggunakan lapangan rumput untuk peternakan sapi.
  3. Produksi industri adalah cara  memenuhi kebutuhan manusia dengan cara meningkatkan nilai guna barang melalui proses dari bahan mentah menjadi barang setengah jadi hingga menjadi barang jadi dapat dinikmati kegunaannya secara langsung oleh konsumen. contoh dari produksi industri pabrik sepatu, pabrik barang elektronik, pabrik obat-obatan.
  4. Produksi perdagangan merupakan aktivitas produksi  yang berperan sebagai perantara produsen dan konsumen. Produksi perdagangan tidak ada proses pengolahan barang artinya produksi perdagangan hanya menyediakan stok barang kepada konsumen (distributor) yang telah diproduksi oleh produsen. 
  5. Produksi jasa adalah proses dalam memenuhi kebutuhan manusia berupa jasa atau keahlian untuk mengatasi masalah yang dihadapai oleh orang lain. Contoh produksi jasa adalah bengkel motor, konsultan, jasa transfortasi.
Alam sebagai faktor produksi penyedia
bahan mentah bagi kegiatan produksi

Kegiatan produksi tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya faktor produksi. Faktor produksi sendiri merupakan sumber daya yang digunakan untuk melakukan kegiatan peroduksi. Faktor produksi tada 4 yaitu:
  1. Faktor produksi alam adalah faktor peroduksi yang menyediakan bahan baku bagi kegiatan produksi. 
  2. Faktor produksi tenaga kerja adalah sumber daya manusia yang berperan dalam pengolahan sumber daya alam. 
  3. Faktor produksi modal adalah segala hasil produksi yang dibuat manusia dengan tujuan untuk menghasilkan barang-barang atau jasa-jasa lain dapat berupa uang atau barang produksi.
  4. Faktor produksi Kewirausahaan adalah kemampuan seseorang atau beberapa orang untuk menyatukan semua faktor produksi agar dapat menghasilkan barang tertentu. Kewirausahaan akan mampu dalam menjalankan sebuah perusahaan untuk melakukan kegiatan produksi.

Artikel Terkait

Latest
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon