2 Blok Dalam Perang Dunia I

Timbulnya politik mencari kawan (System of Alliance) membentuk 2 blok besar yang siap menghadapi kemungkinan terjadinya perang. Dua blog yang terlibat dalam perang dunia I yaitu:

1. Blok Sekutu

Blok sekutu dipimpin langsung oleh Perancis. Beberapa negara yang tergabung dalam blok Sekutu yaitu Perancis, Ingris, Rusia, Jepang, Rumania, Serbia, Yunani dan Portugal serta didukung oleh 23 negara lainnya. Amerika Serikat yang sebelumnya bersifat netral akhirnya bergabung dengan Blog sekutu tahun 1917 karena banyaknya kapal dagang Amerika Serikat ditenggelamkan oleh Jerman. Hubungan antara Amerika Serikat dan Jerman semakin memanas setelah telegram rahasia Jerman ke Meksiko diketahui oleh Amerika Serikat terbongkar. Isi dari telegram tersebut agar Meksiko menyatakan perang terhadap Amerika Serikat. Masuknya Amerika Serikat dalam blok Sekutu menambah kekuatan blog Sekutu.

Pasukan Amerika Serikat
 2. Blog Sentral

Blok sentral dipimpin oleh Jerman. Negara-negara yang tergabung dalam blok sentral yaitu Jerman, Austria-Hongaria, Turki, dan Bulgaria. Negara-negara yang tergabung dalam blok sentral secara geografis berada di kawasan eropa tengah seperti Austria-Hongaria. Selain itu pihak Bulgaria merupakan negara yang anti terhadap Rusia dengan politik air hangat yang dianggap sebagai ancaman bagi Bulgaria.

Tentara Jerman di Paris

Dua kekuatan besar antara blok sekutu dan blok sentral kemudian terlibat perang terbuka pada tahun 1914-1918 setelah terbunuhnya putra mahkota Austria Frans Ferdinad. Perang Dunia I kemudian terbagi dalam 5 Front.

5 Front Perang Dunia I

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon