Kerajaan Bali

Kerajaan Bali merupakan kerajaan bercorak Hindu. Keberadaan kerajaan Bali tidak lepas dari kerajaan Majapahit. Setelah masuknya pengaruh Islam di Indonesia kerajaan majapahit mengalami kemunduran pada masa PrabuBrawijaya banyak rakyat Majapahit yang melarikan di Pulau bali karena tidak ingin memeluk agama Islam kemudian mendirikan sebuah kerajaan di Pulau Bali. Sesuai namanya kerajaan Bali terletak di Pulau bali bagian timur Pulai Jawa.


Sumber-sumber sejarah yang menerangkan kerajaan Bali berasal dari berbagai Prasasti yaitu: 
  • Prasasti Sanur (917 M) berisi kekuasaan Raja-raja Wangsa atau Dinasti Warmadewa. 
  • Prasasti Calcuta (1042 M) India berisi Silsilah Raja Air Langga dari keturunan raja-raja Bali. Raja Air Langga merupakan anak Raja Undayana Kerajaan Bali dengan Mahendradata (Putri Kerajaan Medang Kamulan adik Raja Dharmawangsa). Bangunan Candi Kompleks Candi Gunung Kawi (Tampak Sireng) merupakan Makam Raja-raja Bali dibangun masa Raja Anak Wungsu
Letak Kerajaan Bali
Berdasarkan keterangan prasasti Air Langga raja Dinasti Syailendra merupakan keturunan dari raja-raja Bali. Adapun Raja-raja yang pernah memerintah kerajaan Bali yaitu:
  1. Raja Sri Kesari Warmadewa Pendiri kerajaan Bali (Dinasti Warmadewa) 
  2. Raja Ugrasena (925-942 M) 
  3. Raja Tabanendra Warmadewa memerintah bersama Sang Ratu Luhur Subhadrika Dharadewi 
  4. Raja Jayasingha Warmadewa 
  5. Raja Jayasadhu Warmadewa 
  6. Sri Maharaja Sri Wijaya Mahadewi (983 M) (Ratu)
  7. Dharma Undayana Warmadewa (989-1022 M) dan Permaisurinya Mahendradata Hubungan diplomasi terjalin baik dengan kerajaan di jawa Timur dan dibuat prasasti mengunakan Huruf dan bahasa Jawa Kuno. 
  8. Raja Marakata meninggal Pada 1025 M. Raja Anak Wungsu (1049-1077 M) mempersatukan kerajaan di Bali dan Membagi kelompok pekerja menjadi: 1) Pandai Besi, Emas dan Tembaga (Senjata, perhiasan, dan alat Rumah Tangga Raja) 2) Tukang Kayu, Batu, Bangunan 3) Golongan Pedagang, saudagar Pria disebut Wiragrama, dan perempuan di sebut Wiragrami. 
  9. Raja Anak Wungsu juga memperhatikan Keagamaan.
  10. Raja Jaya Sakti 11) Raja Bedahulu memerintah bersama dua Orang Patih Kebo Iwa dan Pasunggrigis
Pura Besakih di Bali
Kehidupan Sosial kerajaan Bali sangat dipengaruhi oleh agama Hindu sehingga masyarakat terbagi menjadi tiga golongan yaitu: 
  1. Dikenal Triwangsa 3 golongan: Brahmana, Ksatria, Waisya. 
  2. Anak Jaba adalah orang yang tidak memegang Pemerintahan. 
  3. Wong Majapahit orang yang tidak Mau menerima Islam setelah Majapahit dan Jawa dikuasai oleh Islam mereka menyingkir ke Bali
Kehidupan Ekonomi kerajaan Bali bergantung pada sektor pertanian dan peternakan. Sedangkan Kehidupan Budaya dikenal Seni Keraton dan Seni Rakyat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon