Pengertian Sejarah

Sejarah merupakan sesuatu yang melekat pada diri manusia seperti pengalaman hidup yang kemudian melahirkan keterampilan hidup, sikap sosial dan spiritual untuk mencapai tujuan hidup yang diperoleh dari kehidupan sebelumnya. Pengalaman kehidupan manusia tentunya merupakan hal yang paling berharga yang di lewati manusia ketika menjalani hidup sehingga membuat manusia memiliki perkembangan pola pikir, keterampilan hidup, serta kehidupan Sosial dan kehidupan spiritual manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Setiap manusia tentunya memilki tujuan hidupnya masing-masing untuk mencapai hal itu pengalaman hidup sangat diperlukan untuk mengukur perkembangan keterampilan hidup, sikap sosial, dan spiritual manusia. Oleh karena itu sejarah akan selalu melekat pada diri manusia dalam mencapai tujuan hidupnya.

Bapak sejarah Herodotus
Menurut asal kata sejarah itu sendiri sejarah meiliki arti yang berbeda jika dilihat dari sudut bahasa yang digunakan namun memiliki keterkaitan. Berikut ini pemaparan tentang pengertian sejarah dari sudut pandang bahasa, diantaranya: 
  1. Dalam bahasa arab sejarah dikenal dengan istilah Syajaratun yang diartikan sebagai pohon kayu. Pohon merupakan mahluk hidup yang selalu mengalami perkembang dari akar, batang, dan ranting serta daun-daun pohon tersebut. Bagian-bagian pohon ini kemudian memiliki arti tersendiri yaitu akar digambarkan sebagai masa lalu manusia, batang sebagai kehidupan manusia yang sedang dijalani, serta ranting dan daun merupakan masa depan manusia atau bisa juga disebut dengan tujuan hidup manusai. 
  2. Ditinjau dari sudut bahasa Inggris sejarah disebut dengan kata History yang bermakna masa lalu manusia. Namun tidak semua masa lalu manusia dapat dikatakan sebagai sejarah setidaknya masa lalu yang bisa dikatakan sejarah itu bersifat bersifat Abadi, unik, dan sangat mempengaruhi kehidupan manusia setelahnya.
  3. Geschiclite adalah istilah sejarah dari bahasa Jerman yang berarti Sesuatu yang telah terjadi didalam kehidupan manusia.
  4. Dari bahasa Yunani sejarah dikenal dengan sebutan Istoria yang memiliki makna belajar 
 
Kaitan pengertian sejarah dari asal katanya diatas dapat disimpulkan bahwa sejarah memiliki tiga ruang lingkup yakni masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Masa lalu yang sudah terjadi dalam kehidupan manusia akan menjadi pelajaran yang bermakna bagi manusia untuk menjalani hidup dan mencapai tujuan hidup setiap manusia. Jadi manusia akan terus mengalami perkembangan keterampilan hidup, kehidupan sosial, serta Spiritual yang dipengaruhi oleh masa lalu manusia (Pengalaman Hidup).

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli
Ruang Lingkup Sejarah

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon