Proses Terbentuknya Negara Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara besar yang terkenal sangat maju di bidang Militer, Teknologi, Ekonomi, serta politik. lalu bagaimana proses terbentuknya negara Amerika Serikat???
Proses terbentuknya Amerika serikat dimulai abad ke-14 setelah diadakannya perjanjian Thordesillas 4 Juni 1474 untuk menentukan wilayah pelayaran portugis dan spanyol sebagai penengah dalam perjanjian ditunjuk Paus Alexander VI. Perjanjian Thordesillas mulai diberlakukan 4 Juni 1974 - 13 Januari 1750. Spanyol kemudian mengutus Christopher Colombus untuk melakukan perlayaran kearah barat dengan tujuan utama mencari sumber rempah-rempah. perlayaran Christopher Colombus berhasil mengarungi samudera Atlantik dan berhasil menemukan benua Amerika pada 12 Oktober 1492, namun Christopher Colombus mengira benua Amerika merupakan bagian dari Asia sehingga Christopher Colombus menyebut penduduk asli Amerika dengan sebutan Indian.
Christopher Colombus
Pelayaran berikutnya disusul oleh Amerigo Vaspucci berkebangsaan Italia yang merupakan seorang pedagang. Amerigo Vaspucci berhasil mendarat di Amerika Selatan 12 Oktober 1492 di Guanahanni. Amerigo Vaspucci berani mengambil kesimpulan bahwa benua yang ia temukan bukanlah daratan asia tetapi sebuah benua tidak bertuan. Dan sampai saa ini benua tak bertuan itu disebut benua Amerika katanya sih diambil dari nama Amerigo Vaspucci, Amerika = Amerigo, mirip-mirip sih gimana menurut sobat??

Amerigo Vespucci
Benua Amerika kemudian menjadi wilayah rebutan diantara bangsa-bangsa Eropa sejak abad ke-17. Bangsa-bangsa eropa yang berhasil menduduki kawasan benua Amerika yaitu:
  1. Perancis, pada tahun 1603 Samuel de Champlain berhasil menduduki wilayah Kanada, disusul oleh La Salle pada tahun 1682 menduduki wilayah Sungai Mississippi dan tahun 1699 Iberville menduduku muara Mississippi.
  2. Inggris, pada tahun 1564 daerah Virginia berhasil ditemukan dikuasai oleh Raleigh, tahun 1620 Pilgrimfather menduduki wilayah Massachusetts, dan pada tahun 1623 Calvert berhasil menduduki wilayah Maryland.
  3. Belanda, Hudson berhasil menduduki daerah sungai Hudson pada tahun 1609, kemudian disusul oleh Minuti yang menduduki wilayah Nieuw Amsterdam (New Amsterdam) 
Persaingan diantara Belanda dan Inggris menimbulkan pertikaian sehingga Niew Amsterdam berhasil dikuasai oleh Inggris pada tahun 1674 dan diganti namanya menjadi New York. Inggris juga bersaing memperebutkan benua Amerika dengan Perancis sehingga terjadi perang Tujuh Tahun 1756-1763, Inggris berhasil menguasai wilayah yang dikuasai Perancis yaitu Kanada dan daerah Mussissippi (Lousiana). Sejak saat itu Inggris lebih Dominan dalam hal penguasaan wilayah di benua Amerika. Inggris kemudian membentuk koloni-koloni di benua Amerika.
Perlakuan Kerajaan Inggris yang kurang baik terhadap daerah koloni-koloninya mendapat reaksi yang cukup keras. Koloni-koloni Inggris di benua amerika kemudian melakukan perlawanan terhadap Inggris sehingga terjadi pertempuran di Lexington berlanjut hingga ke daerah Boston.  Inggris mulai terdesak dan meminta bantuan kepada koloninya di Kanada, namun koloni Inggris di Kanada juga melakukan perlawanan terhadap Inggris. Spanyol yang mengumumkan perang terhadap Inggris menyebabkan posisi koloni Inggris di Amerika semakin bertambah kuat karena kekuatan kerajaan Inggris terpecah. salah satu tokoh pejuang kemerdekaan Amerika yaitu George Washington yang sangat menentang kebijakan-kebijakan Kerajaan Inggris yang sangat merugikan kaum kolonis dengan membentuk pasukan. Thomas Paine dengan tulisannya yang terkenal Common Sence (Pikiran Umum) berhasil tertanam dihati rakyat kaum kolonis sehingga perjuangan mereka bukan hanya menentang kebijakan kerajaan Inggris semata tetapi untuk memerdekakan diri dari ikatan kerajaan Inggris.
George Washington
Untuk mewujudkan kemerdekaan tersebut diadakan kongres di kota Philadelphia dihadiri tigabelas perwakilan  negara bagian/koloni. Ketigabelas negara bagian tersebut sepakat untuk mendatangani bersama isi Declaration of Independence yang disusun oleh Thomas Jefferson pada tanggal 4 Juli 1776. Kongres juga berhasil membentuk Articles of Convederate sehingga terbentuk sebuah negara United States of Amerika (USA) dengan presiden terpilih yang pertama George Washington yang memerintah pada tahun 1789-1797.
Ternyata perjuangan Amerika Serikat untuk mendapatkan kemerdekaan juga tidak mudah, seperti halnya perjuangan Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan diri dari penjajahan. Setelah Amerika serikat berhasil memerdekakan diri dari Inggris Amerika Serikat harus berjuang menghadapi Perang Saudara. Mirip-mirip juga dengan Indonesia ya kan bro...   Mungkin Indonesia akan menjadi negara besar seperti Amerika Serikat asalkan Indonesia bisa bersatu, Amerika Serikat saja punya 42 negara bagian masih bersatu apalagi Indonesia yang tidak memiliki negara bagian tetapi hanya memiliki pemerintah daerah.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon