Fungsi dan Kedudukan Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia. Istilah Pancasila berasal dari bahasa sangsekerta yaitu Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti prinsip atau dasar. Isi dari Pancasila secara langsung tercantum dalam pembukaan Undang-undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada alinea ke- 4 namun nilai yang terkandung dalam pancasila menjiwai semua hukum atau norma-norma yang hidup dalam kehidupan bangsa Indonesia.  

Ada 10 Fungsi Pancasila dan peran pancasila didalam kehidupan bangsa Indonesia:
  1. Pancasila sebagai dasar negara memiliki arti bahwa bangsa dan negara Indonesia harus berpedoman pada nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Sehingga pancasila sebagai dasar negara dijadikan sebagai falsafah atau filisofi dalam penyelengaraan pemerintahan negara kesatuan republik Indonesia NKRI.
  2. Pancasila sebagai Ideologi negara adalah visi atau arah dari penyelengaraan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia berdasar kepada nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila yaitu menjunjung tinggi Nilai ke-Tuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kerakyatan, dan Nilai Keadilan.
  3. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa memiliki makna bahwa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara harus berpedoman pada nilai-nilai pancasila dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.
  4. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia artinya pancasila adalah satu-satunya yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain.
  5. Pancasila sebagai perjanjian luhur artinya pancasila merupakan keputusan akhir bangsa Indonesia yang harus diamalkan dan dilestarikan oleh seluruh rakyat Indonesia
  6. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia artinya nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila menunjukan prilaku atai jati diri bangsa Indonesia.
  7. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia artinya segala bentuk hukum yang ada di Indonesia bersumber dari nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila
  8. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia yaitu mewujudkan kehidupan masyarakat berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.
  9. Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia artinya pancasila mengandung nilai dan norma yang diyakini kebenarannya dan sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia sehingga mampu mempersatukan bangsa Indonesia
  10. Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional artinya pancasila berisi anggapan-anggapan dasar yang merupakan kerangka keyakinan yang berfungsi sebagai acuan, pedoman dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pemanfaatan hasil-hasil pembangunan nasional demi terwujudkan kesejahteraan bagi bangsa Indonesia.
    Tari Bali salah satu hasil budaya di Indonesia
    Gambar oleh inno kurnia dari Pixabay 
Dari sepuluh fungsi dan peran Pancasila diatas dapat disimpulkan bahwa pancasila tidak dapat tergantikan dengan Ideologi lainnya. Walaupun dalam perjalanan bangsa Indonesia terjadi peristiwa yang menginginkan agar Pancasila digantikan namun hal itu tidak akan pernah terwujud karena Pancasila adalah jiwa bangsa dan telah disepakati oleh segenap bangsa Indonesia karena nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila merupakan wujud dari keseluruhan nilai dari keberagaman yang ada didalam bangsa Indonesia. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon