Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Dilihat dari ciri-ciri fisik dari penduduk Indonesia yang beragam, tentunya kita akan berpikir bahwa tidaklah mungkin jika penduduk Indonesia berasal dari satu ras saja. Bayangkan saja ada orang Indonesia yang kulitnya hitam seperti orang-orang Afrika pada umumnya, ada juga yang mirip dengan orang asli dari India khususnya bangsa Dravida. Lalu dari mana asal usul nenek moyang Indonesia?

Sebelum kita mengetahui asal usul nenek moyang Indonesia ada baiknya kita ulas tentang teori-teori yang menjelaskan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.
  1. Teori of Yunnan teori ini didukung oleh para ahli diantaranya Moh. Ali, R.H. Goldern, dan J.H.C. Kern mereka memiliki pandangan yang sama bahwa asal-usul dari nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Mongolia yaitu didaerah Yunan Cina bagian selatan. Teori ini menyatakan bahwa ada beberapa ras yang bermigrasi ke wilayah Indonesia yaitu Negrito, Proto Melayu dan Deuntro Melayu.
    Proto Melayu
  2. Teori Nusantara teori ini berpendapat bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Indonesia sendiri. Berdasarkan penelitian Eugene Dubois dari belanda mendapatkan fosil manusia perba yaitu Pithecantropus erectus Homo Wajakensis, homo Soloensis, Pithecantropus mojokertensis dan Megantrous. Tokoh pemikir yang sependapat dengan teori ini yaitu Muhammad Yamin, Gorys Keraf, dan J.Crawford. 
    Fosil Homo Wajakensis
  3. Teori out of Taiwan teori ini menyatakan bahwa asal usul dari nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Taiwan yang terpisah dari daratan Cina. Para ahli yang sependapat dengan teori ini adalah Harry Truman Simanjuntak. Teori out of Taiwan di dasarkan kepada pendekatan bahasa linguistik yang berasal rumpun Austronesia.
    Bangsa Austronesia
  4. Teori out of Afrika berpendapat bahwa manusia modern yang hidup saat ini berasal dari daratan Afrika yaitu Homo Erektus yang kemudian berevolusi menjadi Homo Sapiens. Teori ini didasarkan kepada penelitian genetika DNA mitokondria yang dilakukan pada Laki-laki dan perempuan. Teori out of Afrika didasarkan pada penelitia Max Ingman dari Amerika Serikat ia menyatakan bahwa tidak ada gen manusia yang bercampur dengan gen manusia purba. Menurut Teori ini asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Afrika.
    Rekonstruksi Fosil Homo Erectus
Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia jika disimpul dari keempat teori yang dikemukan oleh para ahli maka Indonesia berasal dari bangsa Negrito, Proto Melayu, Deutro Melayu, bangsa Austronesia, Homo Sapiens seperti Homo Wajakensis, Homo Soloensis, dan Homo Erektus. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon