Kontribusi Kumakichi Harada Perwira Jepang di Indonesia

Kumakichi Harada Perwira Jepang

Kumakichi Harada Ia lahir di Desa Doi, Kabupaten Uashi , Prefektur Ehime, pada 8 Agustus 1888  - 28 Mei 1947, Kabupaten Naka, Prefektur Kagawa.

Kumakichi Harada adalah seorang perwira tentara Jepang sebagai komandan angkatan darat ke- 16 di Indonesia. Karier militernya terjadi pada tahun 1910 - 1947 dan berakhir bersama dengan kematiannya setelah diponis hukuman gantung oleh sekutu karena dianggap sebagai penjahat perang. 

Kumakichi Harada Perwira Jepang

Karier militer Kumakichi Harada

  1. Tahun 1910 Kumakichi Harada bergabung dalam kesatuan infatri ke - 44,
  2. Tahun 1920 Kumakichi Harada diangkat menjadi Kapten Infantri angkatan darat,
  3. Tahun 1927 Kumakichi Harada ditugaskan ke Cina daratan sebagai atase militer yaitu pejabat penghubung dari departemen pertahanan negaranya di kedutaan. 
  4. Tahun 1931 Kumakichi Harada  ditugaskan  sebagai atase militer yaitu pejabat penghubung dari departemen pertahanan negaranya di kedutaan di nanking.
  5. Tahun 1939 Kumakichi Harada sebagai komandan perang Jepang -Tiongkok komandan Divisi ke-35 dan komandan Divisi ke-27.
  6. Tahun 1942 Kumakichi Harada diangkat sebagai Panglima Tentara ke 16 di Pulau Jawa menggantikan Letnan Jenderal Hitoshi Imamura. Ia kemudian dikenal dengan Letnan Jenderal Kumakichi Harada.
  7. Tahun 1945 Kumakichi Harada dikembalikan ke Jepang menjabat sebagai Panglima Tentara di Kochi yang ke-55 Jepang. kedudukannya di Indonesia digantikan oleh Letnan Jenderal Nagano.

Kontribusi Kumakichi Harada bagi Indonesia

  1. Tahun 1943 Membentuk Pasukan Pembela Tanah Air (PETA). PETA sendiri dibentuk Jepang untuk memperkuat basis militer yang ada di pulau Jawa, pulau Madura, pulau Sumatra, dan pulau Bali untuk menghadapi Perang Pasifik melawan sekutu. Namun PETA lebih mencintai Indonesia sehingga terjadi pemberontakan PETA  dipimpin oleh Shodancho Soeprijadi
  2. Tahun 1947 membentuk Jawa Hokokai dipimpin oleh Gunseikan kepala pemerintahan militer Jepang Letnan Jenderal Kumakichi Harada. Orang Indonesia yang menjadi anggota dalam Jawa Hokokai yakni Ir. Soekarno dan Hasyim Asyari berperan sebagai penasehat.

Pasukan PETA

Akhir Karir Kumakichi Harada 

Akhir Karir dari Letnan Jendral Kumakichi Harada pada tahun 1947 dimana ia menjadi tahanan perang Sekutu. Ia diadili di Singapura dan terbukti bersalah sebagai penjahat perang kemudian divonis hukuman mati dengan cara gantung di Changi, Singapura.