Peradaban Cina Kuno: Lembah Sungai Kuning

Peradaban Cina kuno dapat diketahui dari peningalan-peningalan hasil peradaban cina kuno yang dimulai dari lembah sungai kuning (Huang Ho/ Huang He). Peradaban cina kuno diperkirakan telah ada sejak 1,7 juta tahun yang lalu dimana lembah sungai kuning masih dihuni oleh manusia purba. Pada perkembangan selanjutnya peradaban cina kuno mulai mengenal pemerintahan negara kota.
Wilayah Kekuasaan Dinasti di Cina
Sungai Huang Ho berwarna kuning disebabkan adanya lumpur yang terbawa arus sungai. Hulu Sungai Huang Ho berada di pegunungan Kwen Lun di Tiber mengalir didaerah pegunungan Cina Utara kemudian bermuara di teluk Tsii Li disekitar Laut Kuning.

Arus sungai Huang Ho yang membawa lumpur menghasilkan tanah endapan yang subur membentuk dataran rendah. Itulah sebabnya kehidupan ekonomi peradaban cina kuno bergerak dibidang pertanian. Berbagai jenis tanaman yang dibudidayakan seperti padi, gandum, teh, jagung, dan kedelai dapat tumbuh subur didataran sungai Huang Ho.

Letak Geografis peradaban cina kuno berada di aliran sungai Kuning (Huang Ho) yang berasal dari  pegunungan Kwen Lun di Tiber mengalir didaerah pegunungan Cina Utara kemudian bermuara di teluk Tsii Li disekitar Laut Kuning. 
Sungai Huang Ho
Peradaban cina kuno kemudian memasuki masa aksara dimulai pada masa pemerintahan Dinasti Shang dengan ditemukannya sistem penanggalan menggunakan radiokarbon yang digunakan hingga tahun 1500. Dinasti Shang adalah dinasti yang paling lama memerintah pada masa peradaban cina kuno. Terpecahnya pemerintahan Dinasti Shang menjadi beberapa negara kota menciptakan periode negara perang.   Beberapa pemerintahan yang berkuasa pada masa peradaban cina kuno diantaranya:
  1. Dinasti Zhou (1046 SM–256 SM)
  2. Periode Musim Semi dan Musim Gugur (722 SM-476 SM)
  3. Periode Negara Perang (476 SM-221 SM)
  4. Dinasti Qin (221 SM–206 SM)
  5. Dinasti Han (206 SM–220)
  6. Zaman Tiga Negara (220–280)
  7. Dinasti Jin dan Enam Belas Negara (280-420)
  8. Dinasti Utara dan Selatan (420–589)
  9. Dinasti Sui (589–618)
  10. Dinasti Tang (618–907)
  11. Lima Dinasti dan Sepuluh Negara (907–960)
  12. Dinasti Song, Liao, Jin, serta Xia Barat (960-1279)
  13. Dinasti Yuan (1279–1368)
  14. Dinasti Ming (1368–1644)
  15. Dinasti Qing (1644–1911)  

Peradaban cina kuno sangat terkenal dibidang sastra yang berawal dari filsafat-filsafat hingga pada masa pemerintahan Dinasti Chow berkuasa mulai muncul filsuf-filsuf terkenal. Beberapa Filsuf dan ajarannya yang terkenal pada masa peradaban cina kuno yaitu:
  1. Ajaran Lao Tse
  2. Ajaran Kong Fu Tse
  3. Ajaran Meng Tse
Peradaban cina kuno juga terkanal dibidang arsitektur bangunan yang megah dan sangat rumit. Artinya bangunan yang dibangun telah dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian khusus dalam mendesain sebuah bangunan. Beberapa peninggalan peradaban cina kuno dibidang arsitektur bangunan yaitu Tembok Besar Cina, Kuil Dewa Langit, Pintu Gerbang Kuil, dan Istana Kaisar.

Kuil Dewa Langit
Peninggalan dibidang kerajinan dan kesenian ditemukan banyak gerabah, tembikar, keramik, lukisan, bejana, lentera, juga kain sutera yang diperjual belikan dalam kegiatan perdagangan. Jalur perdagangan Cina  yang dikenal saat itu disebut jalur sutera yang sangat ramai dilalui oleh para pedagang. Jalur sutera juga sebagai penghubung dunia barat dan dunia timur.
Bejana pu dengan desain naga
Hingga saat ini perkembangan Cina sangat pesat dan menjadi salah satu negara maju di Asia yang mampu bersaing dengan Amerika serikat dibidang ekonomi digital dan teknologi. Kemajuan Suatu negara memang selalui diawali dari perkembangan sebelumnya sehingga dapat menjelma menjadi negara yang besar. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon