Pengaruh Islam Terhadap Masyarakat Indonesia

Perkembangan Islam yang pesat di Arab akhirnya menyebar luas diberbagai penjuru dunia salah satunya di Indonesia. Berdasarkan beberapa teori, Islam di Indonesia (Nusantara) diperkirakan berasal dari Gujarat- India, Mekkah-Arab, dan Persia-Iran.

>> Teori Masuknya Islam di Indonesia

Islam mengalami perkembangan yang pesat menyebar diberbagai daerah di Indonesia. Berdasarkan The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC) 231,06 juta penduduk Indonesia  beragama Islam dan Indonesia negara pemeluk agama Islam terbesar di dunia. 

Islam mempengarhi kehidupan masyarakat Indonesia pada bidang politik, bidang sosial, bidang agama, dan bidang kebudayaan.

Bidang Politik

Pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dibidang pemerintahan (politik) yaitu munculnya Kesultanan. Kesultanan  adalah sebuah wilayah yang diperintah oleh seorang Sultan. Sultan sendiri merupakan gelar kebangsawanan bagi pemimpin sistem pemerintah monarki bercorak Islam. Sebelum Islam masuk di Indonesia dikenal sistem pemerintah kepala suku, kemudian muncul kerajaan setelah masuknya hindu-budha di Indonesia.

Kraton Yogyakarta Pagelaran

Bidang Sosial

Pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dibidang sosial munculnya stratifikasi sosial bersifat terbuka. Sebelumnya sistem sosial masyarakat di nusantara (Indonesia) pelapisan (Stratifikasi) sosial bersifat tertutup yaitu sistem kasta pada masyarakat Hindu, Islam tidak mengenal sistem kasta. Status sosial masyarakat dapat berubah dengan kerja keras. 

Beberapa gelar yang melambangkan status sosial yang tinggi pada masyarakat Islam seperti Kyai  gelar bagi ulama Islam, Sunan gelar untuk orang-orang yang berjasa menyebarkan agama Islam.

Sunan Kalijaga

Bidang Agama

Pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dibidang agama yaitu munculnya agama baru di Indonesia yaitu Islam. Sebelumnya telah ada keyakinan penduduk nusantara menyembah roh nenek  moyang (animisme), percaya kepada benda-benda sakti (dinamisme), agama hindu dan agama Budha.

Bidang Kebudayaan

Pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dibidang kebudayaan mengenal huruf dan Bahasa Arab dan beberapa akulturasi dibidang arsitektur bangunan  seperti pengunaan atap tumpang, menara, makam, dan seni ukir menggunakan aksara arab yang disebut kaligrafi. Tradisi Islam diantaranya Grebeg, Tahlilan, dan Yasinan.

Bidang Pendidikan

Pengaruh Islam terhadap masyarakat Indonesia dibidang pendidikan adalah sistem pendidikan pesantren. Para murid pesantren disebut santri mereka diberikan ilmu pendidikan dan pendalaman tentang agama Islam.