Pengertian Ruang dan Interaksi Antarruang

Ruang dapat diartikan sebagai tempat dipermukaan bumi dengan karakteristiknya masing-masing dan memungkinkan keberlangsungan kehidupan bagi mahluk hidup. Setiap ruang memiliki potensi masing-masing artinya setiap ruang memiliki sumber daya yang berbeda satu sama lain sehingga menimbulkan kondisi saling ketergantungan dan terjadi interaksi antarruang.

Lalu apa yang dimaksud dengan Interaksi antarruang?? Dari penjelasan tentang pengertian ruang bahwa setiap ruang memiliki potensi atau sumber daya yang berbeda satu sama lain pada akhirnya setiap ruang akan melakukan hubungan dengan ruang lain yang memiliki sumber daya yang diperlukan seperti barang, jasa atau informasi. Dapat disimpulkan pengertian interaksi antarruang adalah pergerakan orang untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat diperoleh disuatu tempat/ruang. Kebutuhan tersebut dapat berupa barang dan jasa, serta informasi. 

Beberapa kondisi yang menyebabkan terjadinya ketergantungan antarruang yaitu: 
  1. Saling melengkapi (Complementarity) atau disebut pula Regional Complementary kondisi ini terjadi karena adanya perbedaan sumber daya pada masing-masing ruang/tempat. Perbedaan sumber daya masing-masing ruang/tempat menyebabkan terjadinya interaksi antarruang.
    saling melengkapi dengan sumber daya yang berbeda

  2. Kesempatan antara (Intervening opportunity) untuk memenuhi kebutuhan  suatu ruang akan mempertimbangkan jarak dimana kebutuhan itu dapat terpenuhi. Dalam kondisi ini ruang yang dapat memenuhi kebutuhan ruang lain dengan jarak yang dekat akan menjadi tempat tujuan memenuhi kebutuhan. 
    Kesempatan antara (Intervening opportunity) Wilayah A dan C
    terjadi interaksi antarruang karena jarak yang dekat

  3. Kemudahan transfer (transferability) dalam pemenuhan kebutuhan yang tidak terpenuhi disebuah ruang ketersediaan infrastruktur dan transportasi akan menjadi pertimbangan untuk kemudahan dalam proses perpindahan/distribusi orang, barang dan jasa serta informasi. Ruang dengan ketersediaan infrastruktur dan transportasi memudahkan proses perpindahan/distribusi orang, barang dan jasa serta informasi akan menjadi tempat untuk memenuhi sebuah kebutuhan. 
Kemudahan transfer (transferability) jika Infastruktur A dan B lebih baik dibanding A dan C
maka interaksi antarruang akan lebih sering terjadi antara Raung A dan B 
walaupun jarak A dan C lebih dekat

Ruang memiliki sumber daya atau potensi yang berbeda-beda. Perbedaan sumber daya ini menimbulkan interaksi antarruang dalam rangka pemenuhan kebutuhan yang tidak didapatkan pada masing-masing ruang. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan terjadinya interaksi antarruang yaitu Saling melengkapi (Complementarity), Kesempatan antara (Intervening opportunity), dan Kemudahan transfer (transferability).