5 Lapisan Atmosfer: Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan Eksosfer

Atmosfer merupakan pelindung bumi yang terdiri dari uap air dan lapisan gas. Lapisan atmosfer bumi teridi dari 7 lapisan yaitu Troposfer, Stratosfer, Ozonosfer, Mesosfer, Termosfer, Ionosfer, dan Eksosfer. Lapisan-lapisan atmosfer ini membentuk sebuah sistem untuk menjaga suhu dan kelembapan bumi agar tetap stabil.

Istilah atmosfer berasal dari bahasa Yunani yakni kata "Atmos" berarti uap air atau gas, dan sphaira yang berarti selimut. Jadi atmosfer merupakan lapisan uap air atau gas yang menyelimuti bumi atau planet lainnya.

Atmosfer bumi memiliki ketebalan sekitar 1000 km jika diukur dari permukaan bumi. Atmosfer bumi terdiri dari beberapa jenis gas didalamnya seperti uap air, oksigen, karbondioksida, nitrogen, zinon, kalium, krypton, xinon, neon dan lapisan ozon.

Lapisan atmosfer berdasarkan ketinggian yaitu:

  1. Troposfer 6 - 20  km
  2. Stratosfer 50 km
  3. Mesosfer 85 km
  4. Termosfer 690 km
  5. Eksosfer 10.000 km

 

Lapisan Atmosfer

Troposfer adalah urutan lapisan atmosfer dari yang paling dekat dengan permukaan bumi dengan ketebalan 15 km. Pada lapisan ini digunakan untuk penerbangan pesawat terbang. Lapisan Troposfer mengandung banyak uap air, oksigen, dan karbondioksida. Pada lapisan Troposfer ini terjadi perubahan cuaca seperti hujan, petir, lapisan awan. 

Stratosfer merupakan lapisan atmosfer yang juga biasa disebut dengan istilah ozonosfer karena pada lapisan ini terdapat lapisan ozon dengan ketebalan 15 - 55 km. Lapisan Stratosfer merupakan lapisan atmosfer yang berfungsi melindungi bumi dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Mesosfer adalah salah satu lapisan atmosfer berfungsi sebagai pelindung bumi dari benda-benda dari luar angkasa dengan suhu tinggi seperti meteor. Mesosfer memiliki ketebalan 60 - 80 km dengan kepadatan udara yang tinggi sehingga setiap benda-benda yang berada pada lapisan ini akan mengalami gesekan.

Termosfer merupakan lapisan atmosfer yang memiliki suhu sangat panas dengan ketebalan 415 km. Pada lapisan termosfer ini terjadi proses ionisasi dari penyerapan sinar ultraviolet (UV) sehingga membentuk lapisan bermuatan listrik (Ionosfer). Termosfer merupakan lapisan atmosfer sangat bermanfaat bagi manusia untuk memantulkan gelombang radio

Eksosfer merupakan lapisan atmosfer paling terluar dengan ketebalan 35 km yang tersusun dari partikel hidrogen terionisasi menghasilkan geocorona dan debu meteorik. Pada lapisan Eksosfer hidrogen terionisasi menghasilkan geocorona memantulkan sinar matahari.