Ancaman Bencana di Wilayah Indonesia Terkait Letak Geografi, Astronomis dan Geologis

Setiap negara tentunya memiliki resiko ancaman bencana tersendiri di setiap wilayahnya termasuk IndonesiaAncaman Bencana di wilayah Indonesia berhubungan langsung dengan letak wilayah Indonesia. Untuk menganalisis jenis ancaman bencana  di Wilayah Indonesia, maka kita perlu mengetahui letak Astronomis Indonesia dan letak geologis Indonesia:
Wilayah Indonesia
1. Ancaman Bencana di Wilayah Indonesia Terkait dengan Letak Geografis dan Astronomis
Letak geografis merupakan letak suatu wilayah dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Adapun letak geografis Indonesia yaitu berada diantara Benua Asia dan Benua Australia, dan diantara samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Letak geografis Indonesia menyebabkan wilayah Indonesia mengalami musim hujan dan musim kemarau

Letak Astronomis merupakan letak sebuah daerah berdasarkan garis litang dan garis bujur atau garis kordinat. Indonesia merupakan negara yang berada pada titik koordinat  6⁰ LU - 11⁰ LS  dan 5⁰ BT - 141⁰ BT. Letak Astronomis Indonesia menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis.

Ancaman Bencana di Wilayah Indonesia Terkati dengan Letak Geografis dan Astronomis  adalah: 
  1. Banjir, Indonesia yang terletak di dua samudra memicu tingginya uap air. Banjir merupakan sebuah kondisi dimana air hujan tidak mampu diserap oleh tanah sehingga menimbulkan genangan air dipermukaan daratan. Musim Hujan terjadi di Indonesia disebabkan oleh angin yang bertiup dari samudera Hindia dan Pasifik ke wilayah Indonesia (Angin Muson Barat).
  2. Tanah Longsor, Tanah Longsor adalah pergerakan Tanah atau Bebatuan yang terjadi paska curah hujan yang tinggi 
Kondisi Banjir Gambar oleh David Mark dari Pixabay 
2. Ancaman Bencana di Wilayah Indonesia Terkait dengan Letak Geologis Indonesia

Letak geologis merupakan letak suatu wilayah ditinjau dari jenis bebatuan penyusun lapisan Bumi. Letak Geologis Indonesia berada di tiga lempeng bumi yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Pasifik. Pertemuan Lempeng bumi biasanya akan membentuk barisan pegunungan Berapi. Letak Geologis Indonesia memiliki tingkat Ancaman Bencana di Wilayah Indonesia yang cukup tinggi. Diantaranya:

Letusan Gunung Berapi Gambar oleh Adrian Malec dari Pixabay 
  1. Letusan Gunung Berapi,  Letusan gunung berapi terjadi apabila magma keluar melintasi lapisan bumi hingga dipermukaan bumi dapat berupa Lahar atau Lava. Letusan gunung berapi biasanya terjadi karena aktifitas tektonik dan vulkanik. Aktifitas vulkanik yang tinggi memicu pembesaran lapisan dalam gunung dan memperkecil kawah gunung berapi. Jika kawah dari gunung berapi semakin kecil biasanya gunung berapi akan menghasilkan dentuman yang sangat dahsyat. 
  2. Gempa Bumi, Indonesia yang berada di tiga lempeng bumi menyebabkan wilayah Indonesia rawan terjadi gempa bumi. Gempa bumi terjadi karena pergerakan lempeng bumi (Tektonik) dan aktivitas Vulkanik gunung berapi.
  3. Tsunami, Tsunami merupakan gelombang air laut yang besar menyapu daratan biasanya terjadi karena adanya gempa bumi Tektonik atau Vulkanik. 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon