Perubahan Sosial Budaya: Pengertian, bentuk, faktor pendorong dan penghambat

Perubahan sosial budaya adalah bagian dari dinamika kehidupan sosial manusia yang disebabkan oleh adanya interaksi sosial. Interaksi melibatkan aktifitas kemunikasi dan kontak sosial sehingga terjadi proses sosialisasi budaya. Proses sosialisasi budaya ini kemudian akan menimbulkan kondisi saling mempengaruhi antar budaya dalam kehidupan manusia sehingga terjadi akulturasi dan asimilasi budaya.

Perhatikan gambar berikut! pasti kamu dapat membayangkan apa yang dimaksud dengan perubahan sosial budaya!

Pengertian perubahan

Perubahan merupakan sebuah kondisi yang berlainan atau berbeda dari kondisi awal. Perubahan itu dapat bersifat progres dan regres.

Perubahan progres adalah perubahan yang bersifat lebih baik, mengalami perkembangan dan  peningkatan dari kondisi awalnya. Perubahan proges berbanding terbalik dengan perubahan regres,

Perubahan regres adalah perubahan yang bersifat kemunduran dimana kondisi sekarang lebih buruk dari keadaan sekarang.

Pengertian Budaya

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian budaya adalah pikiran, akal budi, hasil adat istiadat yang dapat mengalami perkembangan sebagai kebiasaan dan sukar untuk diubah. Budaya dapat berbentuk upacara terkait keagamaan dan kepercayaan, kesenian, arsitektur, bahasa, dan cara bertahan hidup.

Pengertian sosial

Sosial adalah penggambaran sifat manusia yang saling ketergantungan satu sama yang mendorong manusia untuk berinteraksi sehingga terjadi komuniatas atau gabungan-gabungan beberapa orang atau kelompok yang kemudian dikenal dengan sebutan masyarakat

Pengertian Perubahan Sosial Budaya Menurut Selo Soemardjan

Selo Soemardjan berpendapat tentang perubahan sosial merupakan semua perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat,di mana perubahan tersebut memengaruhi sistem sosialnya. 

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Kingsley Davis

Menurut Kingsley Davis perubahan sosial adalah  perubahan-perubahan pada struktur beserta fungsi masyarakat.

Dari pengertian perubahan sosial menurut Selo Soemardjan dan Kingsley Davis dapat ditarik kesimpulan bahwa perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan, struktur sosial mempengaruhi sistem sosial dan fungsi masyarakat.

Pengertian Perubahan Sosial Budaya 

Dari penjabaran diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa perubahan sosial budaya adalah kondisi yang berlainan dengan kondisi awal berkaitan dengan  pikiran, akal budi, lembaga sosial dan adat istiadat disebabkan oleh interaksi sosial.

Faktor pendorong perubahan sosial budaya masyarakat

Faktor pendorong perubahan sosial budaya dalam masyarakat terdiri dari penemuan baru, jumlah penduduk, koflik, revolusi, sistem strafikasi sosial masyarakat, motivasi untuk maju, pendidikan, 

Bentuk bentuk perubahan sosial budaya besar

Perubahan sosial budaya besar merupakan perubahan yang berdampak sangat luas dan perubahan tersebut sangat terasa perubahannya contohnya sebelum teknologi internet pekerjaan dikerjaan secara offline tapi sekarang banyak orang bekerja secara online.

Bentuk perubahan sosial budaya kecil ada perubahan yang membawa pengaruh kecil terhadap kehidupan masyarakat. Contohnya tren gaya berpakaian tahun 80-an berbeda dengan tren gaya berpakaian tahun 20-han.

Faktor Penghambat perubahan sosial budaya

Faktor penghambat perubahan sosial terdiri dari  kehidupan sosial yang terisolasi, mempertahankan tradisional, pendidikan rendah, teguh pada kepentingan/ideologi lama, mencegah disintegrasi, prasangka burung pada sebuah budaya baru.