Teori Geosentris dan Teori Heliosentris

Tahukah kamu bahwa dulu manusia percaya bahwa bumi berbentuk datar! dulu manusia tidak berani menjelajahi samudera karena mereka percaya bahwa ada ujung dunia.  Teori yang memperkuat bahwa bumi berbentuk persegi dikenal dengan teori Geosentris. Teori Geosentris diperkenalkan oleh Amaximandaros, Aristoteles, dan Hiparchus. Teori Geosentris menegaskan bahwa bumi merupakan pusat tata surya dan benda-benda langit mengelilingi bumi. kemudian seorang Claudius Ptolomaeus terkenal dengan teorinya yaitu sistem Ptolemaik mempertegas teori Geosentris.

Ilustrasi Geosentris oleh Bartolomeo Velho wikipedia
Memasuki zaman Renaisans kemudian berkembang sebuah teori baru yaitu Teori Heliosentris yang sangat bertentangan dengan Teori Geosentris. Teori Heliosentris dikemukakan pertama kali oleh seorang ahli astronomi dari Polandia yaitu Nicolas Copernicus. Teori Heliosentris berpendapat bahwa matahari sebagai pusat tata surya dan bumi beserta planet-planet mengitari matahari. Teori Heliosentris kemudian dikembangkan oleh Galileo Galilei yang kemudian menciptakan teleskop untuk mengamati dan mempelajari karakteristik benda-benda langit dan semakin mempertegas bahwa bumi bukanlah pusat tata surya melainkan matahari. Atas penemuannya tersebut Galileo Galilei kemudian diadili dan dijatuhi hukuman tahanan rumah hingga meninggal dunia karena bertentangan dengan teori Heliosentris yang diyakini oleh Gereja Katolik pada zaman Renaisans.

Heliosentris Wikipedia
Dari kedua teori diatas teori Heliosentris sampai sekarang masih dipercayai sebagai teori yang relapan dengan bukti-bukti yang dikumpulkan oleh para ahli astronomi. Jika pusat tata surya diperdebatkan maka sebaliknya ada 6 Benua di dunia sampai saat ini masih dipercayai kebenarannya. benua-benua tersebut yaitu Asia, Amerika, Afrika, Eropa, Australia dan Antartika

Penampakan Bumi Wikipedia
Berikut ini akan dijelaskan satu persatu tentang karakteristik benua yang ada di Dunia:
  1. Benua Asia
  2. Benua Amerika
  3. Benua Afrika
  4. Benua Eropa
  5. Benua Australia
  6. Benua Antartika

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Comments


EmoticonEmoticon