Masa Praaksara dan Masa Aksara di Indonesia

Masa Praksara dan Masa Aksara di Indonesia

Masa praaksara merupakan suatu masa dimana manusia belum mengenal tulisan. Istilah lain yang sering digunakan yaitu Nirleka dari bahasa sangsekerta Nir artinya "tidak ada" dan Leka artinya "tulisan"  jadi nirleka artinya tidak ada tulisan. Masa praaksara di Indonesia dapat dibagi berdasarkan Ilmu Geologi, Arkeologi, dan Tingkat perkembangan kehidupan manusia. 

Jalur Perlayaran dan Perdagangan

Setelah mengalami perkembangan yang pesat di India, Hindu dan Budha menyebar diberbagai daerah termasuk di Indonesia. Letak kepulauan Nusantara (Indonesia) yang berada dijalur perdagangan India dan Cina membuat kebudayaan Hindu-Buddha dikenal dan berkembang. Hingga bermunculan kerajaan-kerajaan Hindu maupun Budha.

Letak kerajaan kutai dan sumber sejarahnya Yupa

Pada abad ke-4 pengaruh Hindu-buddha mulai mengalami perkembangan yang pesat sehingga di Kalimantan Timur mulai berkembang kerajaan yang bercorak Hindu bernama kerajaan Kutai. Peradaban Hindu-Budha yang sudah mengenal tulisan palawa dengan menggunakan bahasa sangsekerta mempengaruhi kehidupan masyarakat nusantara (Indonesia). Berkembangnya pengaruh Hindu-Budha hingga Kerajaan bercorak Hindu dan Buddha menandakan berakhirnya masa praaksara di Indonesia.