Benarkah Indonesia di Jajah Belanda selama 350 Tahun: Mari Kita KajI Berdasarkan Fakta Sejarah

Selama ini kita sering kali mendengarkan cerita tentang sejarah bahwa Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 tahun lamanya. Cerita sejarah ini telah lama tersebar di kalangan masyarakat bahkan diajarkan didalam kegiatan pendidikan. Untuk itu mari kita kaji apakah benar Indonesia di jajah oleh Belanda selama 350 tahun beserta peristiwa-peristiwa pendukung lainnya.

Soekarno Membacakan Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia 1945

Jatuhnya Kota Konstantinopel ke Tangan Turki Usmani

Kota Konstantinopel adalah pusat perdagangan rempah-rempah yang sangat ramai banyak orang-orang Eropa dan Asia melakukan Transaksi perdagangan. Awalnya kota Konstantinopel dikuasai oleh kekaisaran Bizantium. 

Tahun 1453 Turki Usmani melakukan pengepungan selama 53 hari oleh pasukan Mahmed II dan penyerangan terhadap kota Konstantinopel. Kekaisaran Bizantium Konstantinus XI Palaiologos memimpin pertahanan namun kalah dan wafat ditangan Pasukan Turki Usmani. Pada 29 Mei 1453 kota Konstantinopel jatuh ketangan kekuasaan Turki Usmani.

Motivasi 3G (Gold, Glrory, dan Gospel)

Jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan Turki Usmani menyebabkan putusnya perdagangan rempah-rempah antara Eropa dan Asia. Bangsa Eropa kesulitan  mendapatkan rempah-rempah yang sangat diperlukan. Pada akhirnya di Eropa muncul motivasi 3G yaitu Gold: Emas (Barang berharga termasuk rempah-rempah), Glory: Kejayaan, dan Gospel: Menyebarkan Agama Nasrani.

Penjelajahan Samudera

Semangat 3G memotivasi bangsa eropa untuk menjelajahi samudera yang didukung dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi. Dibidang ilmu pengetahuan dimana teori geosentris (Bumi Pusat Tata Surya) dibantah oleh teori heliosentris (Matahari Pusat Tata Surya). Teori geosentris berpandangan bahwa bumi itu datar yang menimbulkan ketakutan dikalangan bangsa Eropa untuk menjelajahi samudera. Setelah berkembangnya teori heliosentris yang berpendapat bahwa bumi berbentuk bulat. Bangsa eropa kemudian berlomba-lomba untuk menjelajahi samudera. 

Pencarian Daerah Sumber Penghasil Rempah - Rempah

Ferdinand Magellan (1480–1521) penjelajah asal Portugis melayani Raja Carlos I dari Spanyol dalam mencari sumber rempah-rempah berhasil mengitari bumi dari Eropa melewati Benua Amerika Hingga menemukan kepulauan Filipina. Namun Ferdinand Magellan Wafat ditangan penduduk Pribumi Filipina sehingga perjalanannya terhenti. 

Teknologi Kapal Dengan Penggerak Angin
Faktor Keberhasilan penjelajahan samudera

Penjelajahan Portugis dipimpin oleh  Alfonso de Albuquerque berhasil menemukan wilayah Indonesia setelah sebelumnya berhasil tahun 1510. menaklukkan Goa akhirnya berhasil menemukan wilayah Indonesia dibawah pimpinan mengutus Antonio Albreu dan Francisco Serrao mereka tiba di kepulauan Maluku yang kaya akan rempah-rempah dan masa Penjajahan Portugis dimulai.

Kedatangan Belanda di Wilayah Indonesia

Kabar keberhasilan Portugis menemukan daerah-daerah penghasil rempah-rempah diketahui oleh Belanda. Akhirnya Belanda pertama kali masuk ke wilayah Indonesia tepatnya di Banten pada 27 Juni 1596 dipimpin oleh Cornelis de Houtman.

Masa Pemerintahan Belanda di Indonesia

VOC (Verenigde Oost-Indische Compagnie) 1602-1799: Pada tahun 1602, pemerintah Belanda mendirikan Verenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) bahasa Indonesia Perusahaan Hindia Timur Belanda merupakan perusahaan perdagangan yang memiliki kekuasaan militer dan administratif. VOC berhasil menaklukan Banten dengan politik Devide Et Impera atau politik pemecah belah. Pada 31 Desember 1799 VOC dibubarkan karena tingginya biaya pengawasan wilayah kekuasaan dan korupsi.

Pemberintahan Daendels Gubernur Jenderal Hindia Belanda (1808-1811): Daendels menerapkan sistem keraja paksa. Masa pemerintahannya terkenal dengan pembangunan jalan Anyer sampai Panarukan yang bertujuan untuk mempertahankan pulau jawa dari serangan Inggris dan melancarkan proses distribusi hasil alam.

Pemerintahan Jan Willem Janssens Gubernur Jenderal Hindia Belanda (1811 -1816): Jan Willem Janssens ditunjuk oleh Belanda menggantikan Daendels. Masa pemerintahan Jan Willem Janssens sangat singkat. Serangan pasukan Inggris yang dipimpin oleh Sir Thomas Stamford Raffles berhasil mengalahkan pasukan Hindia Belanda di pulau Jawa. Janssens sebagai Gubernur Jendral Hindia Belanda akhirnya menyerahkan kekuasaan kepada Inggris melalui Perjanjian Giyanti.

Awal Mula Kata Indonesia

Indonesia adalah kata yang berasal dari bahasa Latin yakni Indus yang artinya India dan Nesos yang artinya pulau atau kepulauan jadi Indonesia diartikan sebagai kepulauan India. Kata Indonesia sendiri pertama kali digunakan oleh  James Richardson Logan ahli etnologi Inggris tahun 1850 dalam karyanya yang berjudul "Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia". Memasuki Abad ke-20 kata Indonesia digunakan untuk menyatukan wilayah kepulauan nusantara oleh kaum nasionalis untuk mewujudkan cita-cinta kemerdekaan.

Penggunaan Kata Indonesa Dalam Forum Pertemuan Resmi

  1. Kata Indonesia sendiri pertama kali digunakan oleh  James Richardson Logan ahli etnologi Inggris tahun 1850 dalam karyanya yang berjudul "Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia".
  2. Kata Indonesia dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928: Dalam sumpah pemuda jelas sekali penggunaan kata Indonesia yang berisi tiga pernyataan yaitu bertanah air, berbangsa satu, dan bahasa satu yaitu Indonesia.
  3. Kata Indonesia dalam organisasi bentuk Jepang: BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945. BPUPKI Berhasil merumuskan Piagam Jakarta yang digunakan dalam pembukaan UUD 1945. 
  4. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945: Dalam upacara sakral ini Indonesia secara resmi menyatakan diri sebagai sebuah negara yang berdaulat bebas dari penjajahan. PPKI adalah singkatan dari  (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) tanggal 7 Agustus 1945. PPKI berhasil membentuk pemerintahan Indonesia dengan beberapa kebijakan strategis.

Awal Terbentuknya Negara Indonesia

Indonesia terbentuk dari proses yang cukup panjang  dari perjuangan kedaerahan, perjuangan dalam organisasi, dan peperangan akhirnya berhasil didirikan dengan dibacakannya proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 diikuti pembentukan pemerintahan dan lembaga negara oleh PPKI. Kebijakan PPKI yang sangat strategis pada sidang umum tanggal 18 Agustus 1945 yaitu memilih presiden Soekarno dan Hatta wakilnya, menetapkan UUUD 1945 sebagai konstitusi negara, dan membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

Suasana Pengibaran Bendera Merah Putih

Kesimpulan Apakah Indonesia di Jajah Belanda Selama 350 Tahun

Belanda pertama kali masuk ke wilayah Indonesia tepatnya di Banten pada 27 Juni 1596 dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Jika dihitung mundur sejak proklamasi kemerdekaan tahun 1945 ke tahun 1596 Indonesia di Jajah sekitar kurang lebih 350 tahun. Namun pertanyaannya apakah saat itu sudah berdiri negara Indonesia? Jawaban tidak. Indonesia memproklamasikan diri sebagai negara baru pada tanggal 17 Agustus 1945. Belanda sebelum terbentuknya Indonesia mereka menjajah kerajaan-kerajaan lokal yang pernah berdiri diwilayah nusantara yang sekarang menjadi wilayah kedaulatan Indonesia.

Setelah Pemerintahan Militer Jepang di Indonesia berakhir setelah peristiwa bom atom Horishima dan Nagasaki dimanfaatkan sebaik mungkin oleh bangsa Indonesia untuk proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Namun kemerdekaan Indonesia tidak diakui oleh Belanda dan mereka berusaha untuk menguasai wilayah Indonesia kembali dengan beberapa agresi militer. 

Hingga pada 23 Agustus hingga 2 November 1949 antara perwakilan Republik Indonesia, Belanda, dan BFO diadakan konferensi meja bundar (KMB) di Den Haag Belanda. Jika kita hitung dari tahun 1945 hingga Belanda mengakui Indonesia sebagai sebuah negara yang berdaulat dalam konferensi meja bundar (KMB) 1949 maka Indonesia di jajah Belanda selama hanya sekita 4 Tahun.